Senin, 18 Oktober 2021

BPJS Kesehatan Bersinergi Dengan Pemkab Kubar

8 October 2021
Keterangan Foto : Rapat koordinasi sinergitas BPJS Kesehatan dengan sejumlah OPD dilingkup Pemkab Kubar. (Foto : Istimewa)

Me-revalidasi data peserta BPJS yang di non aktifkan

 

Kubar, Mahakampos.com– Tugas Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) adalah menyelenggarakan Jaminan Kesehatan Nasional bagi seluruh rakyat Indonesia.

Hal itu pula yang dilakukan BPJS Kesehatan Kabupaten Kutai Barat (Kubar), mendukung pemerintah dengan menguatkan sinergitas bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dengan cara memudahkan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Sinergitas BPJS Kesehatan Kubar dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Sosial (Dinsos) Kubar,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Samarinda, Mangisi Raja Simarmata, didampingi Kepala BPJS Kubar, Herman Prayudi, penghujung September 2021 lalu kepada wartawan di Sendawar.

Mangisi menjelaskan, sinergitas antara OPD itu dilakukan dalam re-validasi data kepesertaan BPJS Kesehatan yang beberapa waktu lalu di non-aktifkan oleh kemensos. Menurutnya, penyebab di non aktifkan Penerima Bantuan Iuran-Jaminan Kesehatan (PBI-JK) karena harus di validasi oleh kemensos.
“Di Kubar jumlah data yang non aktif mncapai 6.840 peserta,” tuturnya.

Dia menambahkan, 6.840 data yang sudah non-aktif tersebut diupayakan untuk kembali di re-aktivasi. Sehingga PBI-JK bisa mendapatkan pelayanan kesehatan seperti sebelumnya.
“Oleh karena itu maka BPJS Kesehatan bersinergi dengan Disdukcapil dan Dinsos,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kubar, Herman Prayudi menjelaskan, Pemka Kubar pemkab menginstruksikan kepada dinas terkait untuk segera memproses hal itu.
“Saat ini sedang dilakukan re-validasi data tersebut,” ucapnya.

Herman Prayudi memaparkan, penyebab non-aktifnya data tersebut karena beragam faktor. Mulai dari pindah tempat tinggal, meninggal dunia, tidak mempunyai Nomor Induk Keluarga (NIK) dan lainnya. Karena itu maka perlu validasi ulang.
“Sehingga PBI-JK mendapatkan kemudahan pelayanan kesehatan dari pemerintah. Untuk tingkat kepesertaannya di Kubar sudah lebih dari 100 persen,” pungkasnya.

Penulis : Imran
Editor : Redaksi

berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *