Senin, 18 Oktober 2021

Bupati FX Yapan Tinjau Banjir di Muara Tae

17 September 2021
Keterangan Foto : Bupati Kubar, FX Yapan SH bersama Sekda Ayonius dan Plt Kepala BPBD Kubar, Adrianus Joni , serta para kepala OPD dilingkup Pemkab Kubar, meninjau langsung banjir yang merendam Kampung Muara Tae, Kecamatan Jempang dalam dua hari terakhir. Bupati juga menyerahkan bantuan secara simbolis, Jumat 17 September 2021. (Foto : Istimewa)

Serahkan bantuan sembako secara simbolis

 

Kubar, mahakampos.com – Bupati Kabupaten Kutai Barat (Kubar), FX Yapan SH, turun langsung meninjau kondisi debit banjir di Kampung Muara Tae, Kecamatan Jempang, Jumat (17/9/2021).

Hadir mendampingi Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda), Ayonius, para Asisten dilingkup Setkab Kubar, Kepala Dinas Sosial, Ampeng, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes), dr Ritawati Sinaga, Kabag Hukum Setkab Kubar, Adrianus Joni yang juga merupakan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kubar, serta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diingkup Pemkab Kubar.
“Saya bersama rombongan sudah berkunjung, melihat kondisi banjir, menanyakan langsung kepada masyarakat lamanya banjir, dan melihat kondisi masyarakat di Kampung Muara Tae, Kecamatan Jempang,” jelas Bupati FX Yapan disela peninjauan itu kepada wartawan.

Bupati mengatakan, banjir yang merendam Kampung Muara Tae dan sekitarnya, termasuk banjir bandang. Namun sangat disyukuri tidak ada kayu dan batu yang larut bersama banjir.
“Pemkab Kubar sudah memberikan bantuan ala kadarnya untuk meringankan beban masyarakat terdampak banjir. Termasuk beras dan lainnya. Sudah diserahkan secara simbolis. Bantuan sembako akan menyusul. kepada kecamatan dan kampung untuk mengatur pembagiannya,” tuturnya.
“Bantuan diberikan kepada masyarakat yang terdampak banjir. Semoga bisa meringankan beban warga,” tukasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati FX Yapan mengatakan kehadiran Pemkab Kubar memberi semangat kepada warga. Meski saat ini debit banjir sudah mulai surut, namun warga harus bersiap.
“Kawatir banjir susulan. Menurut prakiraan cuaca, beberapa daerah di Kaltim curah hujan tinggi dalam bulan ini. Jadi utama kesiapan membuat panggung didalam rumah untuk antisipasi mengungsi sementara,” katanya.

FX Yapan menuturkan, beberapa daerah di Kubar dalam sepekan trakhir, terjadi curah hujan tinggi melebihi biasa. Sehingga, sesuai hasil peninjauan langsung itu, maka Pemkab Kubar akan segera berkoordinasi dengan OPD terkait.
“Kondisi akan dievaluasi didalam rapat. Bukan hanya satu daerah. Termasuk daerah pesisir Sungai Mahakam,” ucapnya.

Bupati FX Yapan meminta agar pemerintah kecamatan dan kampung bersiap. Menyampaikan kepada masyarakat, agar tidak kaget.
“Karena untuk wilayah pesisir, merupakan banjir tahunan,” urainya.

Begitu juga dampak banjir pada sejumlah kecamatan di Kubar. Bupati FX Yapan minta agar Dinas Kesehatan cepat tanggap. Terutama dari segi kesehatan masyarakat yang terdampak banjir.
“Penyakit datang harus antisipasi melalui diskes, puskesmas, dan pusban yang ada,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Camat Jempang, Jumra, menuturkan bahwa curah hujan dengan intensitas tinggi terus mengguyur wilayah Jempang sejak beberapa hari terakhir.
“Banjir sempat merendam salah satu titik jalan poros Trans Kaltim di Kem Baru, Kampung Muara Tae. Sempat membuat arus lalu lintas macet,” pungkasnya.(HMS36/imn/red MP)

berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *