Senin, 18 Oktober 2021

DKM, Jamaah Masjid Al Fattah dan Warga Muslim Barong Tongkok Peduli

16 September 2021
Keterangan Foto : Kumuh, begini kondisi awal rumah yang ditempati oleh Pak Dul, kumuh dan berserakan sampah.(Foto : HMS36).

 

Gotong -royong bedah rumah Bapak Abdullah

 

Kubar, mahakampos.com– Bakti Sosial dilakukan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan Jamaah Masjid Al-Fattah serta warga muslim Barong Tongkok, peduli terhadap salah satu warga bernama Abdullah (91) tahun, yang tinggal di Jalan Moso Bin Salim, Rt.3 Kelurahan Barong Tongkok/Sekretariat Mualaf.

Untuk sementara,  Sekretariat Mualaf itu ditempati oleh pak Dul yang juga seorang mualaf.  Ketika wartawan  berkunjung ke rumahnya,  tampak kumuh dan kotor, sampah berserakan dimana-mana,  tak terawat, di dalam rumah tersebut hidup ada warga Abdullah (Doja) alias pak Dul yang telah berumur 91 dan mengalami kebutaan sejak setahun belakangan ini karena penyakit katarak. Sementara istrinya mengalami depresi akibat himpitan dan kesulitan ekonomi.

Menurut pak Dul (Doja) selama hampir setahun belakangan ini iya tidak bisa bekerja karena mengalami kebutaan, sedangkan istrinya mengalami depresi karena ekonomi yang sulit. Untuk menyambung hidup sehari-hari mengharapkan belas kasih tetangga dan warga sekitar. 
“Saya mengucapkan terimakasih kepada  semua pihak yang telah membantu, dan peduli terhadap kehidupan kami,” ungkapnya.

Ketua DKM Masjid Al Fattah Barong Tongkok, Ir. H. Sukorilawan. M.Si ( H. Iwan) menjelaskan,  bahwa  bantuan adalah kepedulain jajaran pengurus dan jamaah masjid Al-Fattah dan warga muslim Barong Tongkok terhadap orang yang kurang beruntung. Karena perekonomian yang sulit ditambah lagi pandemi covid-19 yan tidak kunjung selesai. 
“Kegiatan bersama ini sudah kami lakukan kurun dua pekan  bergotong-royong merehab rumah mengganti toilet, atap yang bocor (seng), pasang plafon, pasang listrik, pasang tandon air, cat dinding dan mengecor lantai pokoknya jadi rumah sehat dan layak huni,” tutur Haji Iwan.

Lanjutnya, Seluruh pembiayaan di dapat dari para donatur jamaah Masjid Al-Fattah dan warga muslim di Barong Tongkok. Total dana dalam bentuk uang sebesar Rp 10 juta lebih, “Dalam bentuk barang dan material tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Karena banyak warga yang peduli untuk menyumbang. Tidak lupa juga dibantu ibu-ibu muslimah membersihkan lingkungan,” urainya.

Menurutnya, jamaah juga membantu sembako. Kemudian ada juga bantuan datang dari warga muslim seputaran Barong Tongkok.
“Juga ada  suport bantuan  dari Wakil Bupati Kubar, H Edyanto Arkan. SE,” ucapnya.

H. Iwan berterima kasih kepada semua jamaah dan warga yang telah menyumbangan baik harta dan tenaganya. 
“Semoga seluruh pengorbanan para jamaah serta warga  yang peduli  mendapat catatan yang baik disisi Allah,” tutupnya. (HMS36/red MP)

berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *