Senin, 18 Oktober 2021

HUT ke-76 TNI, Dandim 0912 Kubar : TNI Manunggal Bersama Rakyat, Dukung Pemerintah

5 October 2021
Keterangan Foto : Dandim 0912 Kubar, Letkol Kav Yudhi Prasetyo Purnomo, bersama Wabup Kubar, H.Edyanto Arkan, Wakil Ketua I DPRD Kubar, H. Syaiful Acong, dan sejumlah Kepala Forkopimda Kubar, mengikuti secara virtual Upacara HUT ke-76 TNI, dan mendengarkan pidato Presiden Jokowi, Selasa 5 Oktobner 2021. (Foto-foto :Tim Redaksi Mahakam Pos).

Kubar, Mahakampos.com – Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0912 Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Letkol Kavaleri Yudhi Prasetyo Purnomo, S.Sos,M.I.Pol, bersama Wakil Bupati Kubar, H.Edyanto Arkan, S.E., Wakil Ketua I DPRD Kubar, H. Ahmad Syaiful Acong, dan sejumlah Kepala Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kubar, mengikuti secara virtual Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di halaman Istana Merdeka Jakarta, dan mendengarkan pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (5/10/2021).

Pada Upacara HUT ke-76 TNI di halaman Istana Merdeka Jakarta, bertindak sebagai Inspektur Upacara, Presiden Joko Widodo.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI. Menurut presiden, prajurit TNI bukan hanya sekadar penjaga utama kedaulatan negara dan keutuhan wilayah NKRI.
“Tetapi juga melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia,” katanya.
Presiden mengatakan, atas nama rakyat, bangsa, dan negara, menyampaikan selamat HUT ke-76 TNI. Dikatakan presiden, rakyat, bangsa, dan negara juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa, dan menjaga keutuhan wilayah NKRI.
“Berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta melindungi bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan,” tegasnya.
Presiden juga mengharapkan agar TNI terus mengantisipasi ancaman yang lebih luas, Diantaranya pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber, dan ancaman biologi, termasuk ancaman bencana alam.
“Juga mendorong transformasi pertahanan dengan pengembangan inovasi dan teknologi,” ujarnya.
Presiden Jokowi mengatakan, TNI bisa diandalkan dalam membantu masyarakat menghadapi tantangan lain, dari bencana alam sampai pandemi Covid-19.
Sementara itu, usai upacara, Dandim 0912 Kubar, Letkol Kavileri Yudhi Prasetyo Purnomo, S.Sos,M.I.Pol dalam keterangan pers menjelaskan bahwa, setelah mendengarkan pidato presiden, maka intinya diharapkan TNI lebih manunggal dengan rakyat.
Dandim menyebut, tema HUT ke-76 TNI Tahun 2021 adalah ‘Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang’.
“Terkhusus berkaitan dengan penanganan pandemi Covid-19 hingga saat, TNI (Kodim0912/Kbr) mendukung pemerintah pusat dan daerah,” ungkapnya.
Dia menyebut, berbagai kegiatan telah dilakukan. Diantaranya, mensuport Pemkab Kubar dan Mahulu. Termasuk dalam melaksanakan vaksinasi, juga kegiatan dalam rangka PPKM. Juga melakukan penyekatan pos-pos taktis, serta operasi yustisi bersama Polri.
“Alhamdulillah berkat kerjasama itu, status Kabupaten Kubar saat ini sudah zona kuning, dan Mahulu sudah zona hijau,” ucapnya.

Termasuk kata Dandim, kegiatan Bakti Sosial untuk membantu masyarakat yang terpapar Covid-19. Juga anjangsana, dan serbuan vaksin.
“Semua itu sebagai upaya mendukung pemerintah di dua kabupaten, bekerjasama dengan Polres Kubar,” tandas Dandim, sembari mengucapkan Dirgahayu ke-76 TNI Tahun 2021.

Pemkab Kubar Sebut Peran TNI-Polri jelas
—————————————————————–
Pemkab Kubar diwakili oleh Wabup H Edyanto Arkan SE, atas nama masyarakat dan Pemkab Kubar menyampaikan ucapan Dirgahayu ke-76 TNI tahun 2021.
“Untuk memerangi Covid-19, peran TNI bersama Polri sudah jelas membantu pemerintah dalam peningkatan prosentase vaksin,” urainya.

Wabup Edyanto Arkan menambahkan, Pemkab Kubar juga berharap bukan hanya masalah Covid-19. Tapi agar TNI dapat bersama membantu memerangi kemiskinan, kebodohan, dan ketertinggalan yang ada di Kubar.
“TNI (Kodim 0912 Kubar) menyatakan siap bersama pemkab dalam memerangi hal itu. Karena, jika bergerak bersama-sama (TNI-Polri, dan semua lini), segala masalah secara bertahap akan dapat diatasi,” urainya.

Menurut wabup, Pemkab Kubar berharap agar TNI dan Polri terus mendampingi pemerintah. Yaitu merubah ketertinggalan Kubar menjadi kemajuan daerah di Kaltim,” tegasnya.

Hadir pula dalam upacara HUT ke-76 TNI secara virtual di Makodim Kubar itu Kapolres Kubar, AKBP Irwan Yuli Prasetyo, S.I.K, Kajari Kajari diwakili oleh Kasi Intel Kejari Kubar, Ricky Rionart Panggabean,S.H, M.H., Ketua Pengadilan Negeri Kubar, Dedi Thusmanhady, S.H., Perwakilan AURI Balikpapan di Kubar, serta Kasdim Mayor Zeni Vispa Yehuda.

Potong Tumpeng
————————————–
Dalam kesempatan, usai mengikuti Upacara HUT ke-76 TNI dan mendengarkan pidato presiden, Dandim Letkol Kavileri Yudhi Prasetyo Purnomo, bersama Wabup H.Edyanto Arkan, Kapolres AKBP Irwan Yuli Prasetyo, dan Wakil Ketua I DPRD serta para unsur Forkopimda Kubar mendengarkan dan melaporkan kondisi Kubar dan Mahulu secara virtual/daring kepada Pangdam VI Mulawarman dan Danrem 091/Aji Surya Natakesuma. Yakni terkait kondisi Kubar dan kawasan perbatasan. Selanjutnya acara ditutup dengan Pemotongan Tumpeng.

Untuk diketahui, TNI lahir pada 5 Oktober 1945.(Penulis : Imran/red)

berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *