Senin, 18 Oktober 2021

Karyawan Karantina di Hotel dan Penginapan, Perusahaan Harus Jalankan SOP Prokes Dari TGC Covid-19

12 August 2021
Kepala Dinas Kesehatan Kubar, dr Ritawati Sinaga.(Dok.Mahakam Post)

 

Kubar, mahakampos.com – Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menyebut bahwa terhadap warga (karyawan) yang positif terpapar Covid-19, terutama dari perusahaan yang ada di Kubar, harus ditempatkan atau di isolasi terpusat. Yakni tempat khusus diluar tempat karantina yang disiapkan oleh Tim Gerak Cepat (TGC) Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kubar.
“Ditempatkan di isolasi terpusat. Tetapi boleh juga di hotel atau penginapan yang khusus,” terang Kadiskes Kubar, dr Ritawati Sinaga kepada Mahakam Pos via pesan WhatApps (WA), Sabtu (7/8/2021).
Terkait karantina terhadap karyawan perusahaan (warga) yang positif terpapar Covid-19 yang dilakukan di hotel atau penginapan, menurut Ritawati Sinaga, harus memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) khusus.
“Pertama lokasi atau gedung (hotel/penginapan) tersebut harus memenuhi aturan sesuai Protokol Kesehatan (Prokes) yang ditetapkan oleh pemerintah atau TGC/Dinkes,” urainya.

Kata Ritawati Sinaga, pemenuhan prokes tersebut, diantaranya sampah maupun bekas makanan dan sampah minuman mineral di hotel/penginapan tempat isolasi atau karantina tersebut, harus dikumpulkan secara khusus.
“Serta kebersihan keseharian tempat karantina itu harus dibersihkan dengan desinfektan,” ucapnya.

Ritawati menegaskan, Dinkes dan TGC Covid-19 Kubar telah memberikan SOP terkait isolasi mandiri tersebut kepada sejumlah perusahaan yang ada di Kubar.
Hanya saja Ritawati Sinaga tidak menjelaskan, apakah lokasi hotel atau penginapan yang bisa digunakan untuk karantina karyawan perusahaan tersebut memang harus berada diluar pemukiman padat penduduk.
“Untuk isolasi mandiri dalam jumlah banyak (karyawan perusahaan), sebaiknya harus ada tempat khusus. Yaitu diluar tempat karantina yang telah disiapkan pemerintah melalui TGC,” pupusnya.(imn/red)

berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *