Senin, 18 Oktober 2021

Kejati Kaltim Telah Menggelar Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum di Kubar

26 August 2021
Keterangan Foto : Kejati Kaltim bekerjasama dengan Disdikbud melaksanakan kegiatan Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum Kabupaten Kutai Barat, berlangsung di Hotel Sidodadi, Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok, Sendawar, Rabu 25 Agustus 2021. (Foto : Tim Redaksi Mahakam Pos)

 

Kubar, mahakampos.com – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim telah melaksanakan kegiatan Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum Jenjang SMA/SMK/MA/SLB (Tuna Daksa) Negeri dan Swasta tingkat Kabupaten Kutai Barat, Rabu (25/8/2021).

Acara yang berlangsung di Lantai 2 Hotel Sidodadi, Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok, Sendawar, dibuka langsung oleh Wakil Kepala Kejati (Wakajati) Kaltim, Akmal Abbas, SH MH.
“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini, supaya siswa-siswi sudah mengenal hukum sejak dini. Sehingga ketika sudah lulus sekolah (SMA), siswa-siswi tahu yang mana menjadi perbuatan terlarang (melanggar hukum),” jelas Wakajati dalam keterangan pers usai kegiatan itu disampaikan oleh Asisten Bidang Intelijen Kejati Kaltim, M Sumartono SH MH.

Sumartono menambahkan, kegiatan Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum di Kabupaten Kubar adalah kegiatan yang ke-9 dari 10 kabupaten/kota se-Kaltim. Sebelumnya kegiatan serupa telah dilaksanakan oleh Kejati Kaltim di Samarinda, Tenggarong, Berau, Kutim, Bontang, Paser, Balikpapan dan PPU.
“Untuk Kubar, ini adalah kegiatan yang ke-2. Karena pada 2020 lalu sudah dilaksanakan kegiatan yang pertama. Selanjutnya akan dilaksanakan di Kabupaten Mahakam Ulu,” tukasnya.

Juara I Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum Kabupaten Kubar, diraih SMAN 1 Jempang.

Kejati Kaltim berharap dengan kegiatan tersebut para siswa bisa ‘melek hukum’. Artinya kata Sumartono, jika ada pelanggaran hukum utama dilingkungan sekolah, maka seharusnya dapat diselesaikan di internal sekolah terlebih dahulu, sebelum masuk ke ranah hukum yang sebenarnya.
“Jadi selain kegiatan ini, sebelumnya telah ada kegiatan Jaksa Masuk Sekolah, yang ada hubungannya dengan pengenalan hukum secara umum, baik pidana maupun perdata,” ucapnya.

 

Kejati Kaltim menilai bahwa siswa-siswi di Kubar mengalami peningkatan dalam pengenalan hukum. Hal itu terlihat sejak tahun lalu dalam kegiatan pertama hingga kegiatan kedua pada 2021 ini.
“Siswa-siswi sudah tahu yang mana hukum materiil dan hukum formal. Bahkan para siswa sudah tahu bagaimana beracara tentang masalah pidana yang tidak bisa diselesaikan di sekolah. Serta telah mengetahui apa yang disebut dengan nama Aparat Penegak Hukum (APH),” urainya.

Dalam kegiatan tersebut, Kejati Kaltim bekerjasama dengan Disdikbud Kaltim. Sehingga dalam penilaian di kabupaten/kota diberikan penghargaan terdiri juara I, juara II, dan juara III.
“Dengan penghargaan selain piala, ada piagam, dan uang pembinaan. Bagi yang masuk dalam kegiatan final, nantinya juara akan mendapat beasiswa penuh apabila berkuliah di fakultas hukum perguruan tinggi negeri yang akreditasi A,” tegasnya.

M Sumartono menegaskan, bagi seluruh peserta yang mengikuti Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum, meskipun yang menjadi juara maupun tidak, diharapkan agar bisa menjadi duta hukum bagi sekolahnya dan lingkungan masyarakat. Untuk menambah ilmunya, terus melakukan koordinasi dengan Kejari setempat.
“Yang juara, agar bisa menjadi role model (teladan). Dapat dilibatkan dalam penyuluhan hukum oleh kejari maupun kepolisian. Kami berpesan kepada para siswa, kenali hukumnya, jauhi hukumannya,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim, K.Suhariyatno mengharapkan kegiatan tersebut bisa terus berlanjut kedepan.
“Karena pengenalan hukum sejak dini bagi siswa sangat penting,” katanya.

K.Suhariyatno menambahkan, bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menugaskan Disdikbud untuk membekali pelajar dan siswa menjadi siswa dengan Profil Pelajar Pancasila.
“Yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebinekaan global, gotong-royong, kritis, kreatif, mandiri. Berakhlak mulia diantaranya kepatuhan kepada aturan-aturan negara (hukum),” pungkasnya.

Kepala Kejari Kubar, Bayu Pramesti SH melalui Kasi Intelijen Kejari Kubar, Ricki Rionart Panggabean SH MH menjelaskan bahwa dengan adanya kegiatan Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum diharapkan agar ilmu yang didapat siswa (peserta pemilihan duta) bisa dibagi kepada seluruh pelajar/siswa disekolahnya.
“Sehingga siswa lainnya mengerti akan pentingnya hukum. Setelah selsai kegiatan para [eserta pemilihan duta diharapkan bisa menjadi duta hukum dengan meng-edukasi teman-temannya di sekolah, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, hingga kecamatan,” terangnya.
“Untuk para juara, Kejari Kubar siap melibatkan dalam kegiatan penyuluhan hukum, baik disekolah maupun masyarakat,” pungkas Ricki Rionart Panggabean.

Kasi Penkum Kejati Kaltim, Toni Iswanto SH MH menjelaskan, dewan juri yang hadir sebagai penilai dalam Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum di Kubar, terdiri dari 3 juri.
“Juri I yaitu Evi Hasibuan SH MH (Koordinator pada Asintel Kejati Kaltim), Juri 2 yakni Martopo Budi Santoso SH MH. (Kasi A pada Asisten Intelijen Kejati Kaltim), dan Juri 3 adalah Ricki Rionart Panggabean SH MH (Kasi Intelijen Kejari Kubar),” bebernya.

Ini Sekolah Yang Jadi Pemenang Lomba

Kasi Penkum Kejati Kaltim, Toni Iswanto menuturkan, dari SMA/SMK/MA/SLB (Tuna Daksa) Negeri dan Swasta tingkat Kabupaten Kubar yang mengikuti Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum tersebut, telah berhasil terpilih sekolah yang menjadi juara.

“Juara I diraih SMAN 1 Jempang, Juara II diraih SMAN 1 Sendawar, dan Juara III jatuh kepada SMKN 1 Sendawar,” ucapnya.
“Para juara mendapat piala, piagam penghargaan, dan uang pembinaan. Juara I uang pembinaan sebesar RP 4,5 juta, Juara II sebesar Rp 3,5 juta, dan Juara III mendapat uang pembinaan sebesar Rp 2,5 juta,” tutupnya.(imn/red)

berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *