Harindo 1
RAMADHAN 2024
Iklan Skurity

Parapatan Cabang PSHT Cabang Kutai Barat Pusat Madiun Telah Dibuka Secara Resmi

13 June 2022
(Foto-foto: Tim Redaksi Mahakampos.com).

Suparlan : Kaderisasi dan Re-generasi Kepemimpinan

Kubar, Mahakampos.com – Secara resmi Parapatan (Musyawarah) Cabang Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kabupaten Kutai Barat Pusat Madiun telah dibuka oleh Bupati Kutai Barat (Kubar), FX Yapan SH MH diwakili oleh Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kubar, Sahadi SHut MSi Di Hotel Sidodadi, Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok, Sendawar, Minggu (12/6/2022).

“Kehadiran PSHT Cabang Kubar tidak hanya menaungi olahraga seni bela diri pencak silat Kutai Barat. Namun juga memberi kontribusi nyata dalam pembangunan Kubar,” tegas Bupati FX Yapan dalam sambutan tertulisnya dibacakan oleh Kepala BKAD Kubar, Sahadi SHut MSi.

Bupati juga mengatakan, bahwa patut di syukuri PSHT berkembang pesat di Kubar sejak 2010 hingga saat ini organisaai itu memiliki program kerja yang mampu mendukung mempersiapkan atlet-atlet pencak silat handal untuk Kubar melalui IPSI.

“Mendidik manusia berbudi pekerti luhur. Saya mengapresiasi kerukunan dalam kebersamaan yang tercipta oleh PSHT dalam masyarakat Kubar yang majemuk,” ujar Sahadi.

Bupati juga mengucapkan selamat atas terlaksananya parapatan cabang itu. Dia berpesan, agar kedepan PSHT Cabang Kubar terus menguatkan nilai-nilai ke-bhinekaan dan gotong-royong. FX Yapan juga meminta agar program kerja yang dibahas dalam muscab itu semakin berkualitas dan berkuantitas.

“Rangkul semua masyarakat yang majemuk, dari beragam etnis dan agama. Merupakan langkah awal yang baik agi NKRI umumnya, dan khususnya Kutai Barat. Mari bersama membangun Kubar,” pungkas Sahadi.

Sementara itu, Ketua PSHT Cabang Kabupaten Kutai Barat Pusat Madiun, Suparlan S.Pd.I, dalam paparannya menjelaskan, tujuan parapatan cabang tersebut dalam rangka instrumen 5 tahun sekali untuk pemilihan ketua cabang yang baru.

“Tentu kami selaku pengurus cabang melakukan kegiatan muscab ini, untuk suksesi kaderisasi dan suksesi pendidikan atlet siswa PSHT. Juga bagaimana anak didik PSHT dalam tahapan jenjangnya supaya bisa mengisi formatur-formatur yang para seniornya sudah mula masuk masa istirahat,” kata Suparlan usai acara pembukaan muscab itu kepada wartawan.

Dia menuturkan, parapatan cabang tersebut intinya adalah kaderisasi dan re-generasi kepemimpinan didalam PSHT Cabang Kubar Pusat Madiun. Harapam kata dia, agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan sukses.

“Siapapun jadi pemimpin, untuk mampu dan tidaknya maka waktu yang menjawabnya. Usulan nama-nama sebagai calon ketua baru tergantung dengan usulan seluruh ranting PSHT se-Kubar,” ucapnya, dan mengatakan jika diputus secara aklamasi maka parapatan cabang tersebut bisa berlangsung selama sehari saja.

Suparlan menambahkan, pada pembukaan Parapatan Cabang tersebut baru ada satu kandidat calon ketua cabang yang sudah siap. Sudah mengerucut kepada satu nama calon yakni, Samyana yang merupakan ketua cabang PSHT Kubar periode pertama lalu.

“Itu satu nama kandidat yang sudah diusulkan para ranting PSHT se-Kubar. Tinggal nanti kita melihat program kerjanya yang akan dipaparkan,” tegasnya dan mengatakan bahwa saat ini PSHT Cabang Kabupaten Kutai Barat Pusat Madiun memiliki anggota sebanyak 1.725 orang. Terdiri dari 13 ranting kecamatan dan 44 rayon.

Dia mengungkapkan, dari 16 kecamatan se-Kubar, masih ada 3 kecamatan yang belum memiliki ranting PSHT Cabang Kabupaten Kutai Barat Pusat Madiun. Yaitu Kecamatan Mook Manar Bulatn, Bentian Besar, dan Penyinggahan.

“Harapan saya, siapapun yang terpilih menjadi Ketua Cabang PSHT Cabang Kabupaten Kutai Barat Pusat Madiun yang baru, agar dapat meneruskan seluruh program yang sudah berjalan dengan baik selama ini oleh pengurus lama. Begitu juga 3 ranting yang belum ada agar bisa terpenuhi. Siapapun yang terpilih mnejadi ketua baru, maka itu keputusan bersama,” tandas Suparlan yang menjabat sebagai Ketua PSHT Cabang Kabupaten Kutai Barat Pusat Madiun selama dua periode. Yakni sejak 2010, 2014, hingga 2022 ini.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Cabang Kutai Barat, Syamsuniq MPd. Dia mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pengurus PHST Kubar periode lalu. Karena telah banyak membantu kemajuan IPSI Kubar.

“Harapan agar kedepan PSHT Kubar semakin maju, dari pengembangan menuju ke pembinaan atlet. Agar bisa menelurkan atlet baik di daerah, nasional hingga internasional. Pengurus baru yang terpilih agar bisa mendukung kemajuan IPSI Kubar,” singkatnya.

Untuk diketahui, dalam kesempatan itu hadir pula Ketua Perwakilan Pusat Wilayah Kaltim PSHT Pusat Madiun, Samidjo Hadi Wijoyo, perwakilan Polres Kubar, Perwakilan Kodim 0912 Kubar,
Kepala Inspektorat Kubar RB Bely Djunedi Widodo, Kabag Prokopim Setkab Kubar, FX Sumardi SSos, Ketua Umum KONI Kubar, Stepanus SE, Ketua Umum DPD KNPI Kubar, Canissius Arjan SE, Ketua DPC GEPAK Kubar, Mathias Genting SH, sejumlah Ormas, diantaranya LPADKT-KU, Ketua HABAMA Kubar, Hermonius SH, dan juga para pengurus Ormas/LSM,serta pengurus OKP di Kubar.


Penulis : Imran Yusran
Editor : Redaksi

berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengunjung

095540
Users Today : 10
Users Yesterday : 27
Total Users : 95540
Views Today : 17
Total views : 240693
Who's Online : 1