Jumat, 30 September 2022

Pembukaan Festival Tanjung Isuy 2022

5 August 2022
Pembukaan Festival Tanjung Isuy (FTI) 2022 dibuka secara langsung oleh Kepala BKAD Kutai Barat, Sahadi Shut MSi, mewakili Pemkab Kubar. Foto : Welin (Diskominfo).

KUTAI BARAT – Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kutai Barat, Sahadi SHut MSi secara resmi membuka Festival Tanjung Isuy (FTI) Tahun 2022.

Festival ini merupakan salah satu kegiatan budaya dan wisata di Kutai Barat yang dilaksanakan ketiga kalinya yang berkerjasama dengan Dinas Periwisata Kutai Barat, Pemerintah Kecamatan Jempang dan Komunitas Tiaq Egah Tanjung Isuy.

Dalam agenda kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari ini yang dimulai pada tanggal 3 dan akan ditutup pada tanggal 5 agustus, akan menunjukkan beberapa pertunjukan seperti pameran seni dan budaya serta lomba olah raga tradisional yang bertempat di Lamin Adat Raden Temanggung Marta Tanjung Isuy, Kecamatan Jempang, Rabu (3/8/2022).

Dalam sambutan Bupati Kutai Barat, FX Yapan SH MH yang dibacakan oleh Kepala Badan Keuangan Dan Aset Daerah Kutai Barat, Sahadi, mengatakan kegiatan yang terlaksana selama 3 hari tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan betapa kayanya kearifan lokal yang dimiliki Bumi Tanaa Purai Ngeriman yang berasal dari wilayah Tanjung Isuy. Mulai dari Parade Pakaian Adat Doyo Dayak Benuaq, Upacara Adat Penyambutan & Beluraat Adat, Pertunjukan Seni dan Budaya, Lomba Olah Raga Tradisional dan Ritual Bemakaat di Danau Jempang.

Oleh sebab itu kegiatan yang mengangkat tema “Sempekat Sempawaat, Erai Asakng, Erai Akatn” dapat dimakmai lebih mendalam yaitu Bersatu Saling Membantu, Satu Hati, Satu Tujuan,” ungkap Sahadi.

Lebih lanjut Sahadi menyampaikan, kiranya agenda ini tidak hanya dimaknai sebagai even tahunan yang harus dilaksanakan dan diikuti. Tetapi lebih dari pada itu, hendaklah momen ini menjadi tolok ukur bangkit seni dan budaya yang yang di balut dalam ragam sajian. Jika ditekuni lebih jauh dapat menjadi sumber penghasilan.

Yakni, bagi Usaha Peningkatkan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang selama ini terus digalakkan didalam berbagai kesempatan. Baik oleh pemerintah maupun organisasi yang menaunginya, seperti PKK dan Dekranasda. Serta sebagai ajang peluang wisata budaya yang mampu menarik perhatian orang-orang luar untuk menghadiri secara langsung even tahunan tersebut.

“Mewakili Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, saya sangat mengapresiasi kegiatan yang terlaksana hari ini, yang diikuti oleh peserta bukan hanya dari lingkup Kutai Barat saja,”jelasnya.

“Tetapi dari beberapa kota diwilayah Kaltim dan Kalteng, yang di inisiasi oleh Komunitas Tiaq Egah Adat Raden Tumenggung Marta dan masyarakat Tanjung Isuy, yang didukung oleh Dinas Pariwisata Kutai Barat hingga Dinas Pariwisata Provinsi,” tukasnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Barat, Yuyun Diah Setiorini mengatakan, Dinas Pariwisata Kutai Barat terus bersinergi dengan Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), dan menyampaikan bahwa FTI ini telah masuk dalam agenda Dinas Pariwisata Kaltim.

“Harapannya kedepan FTI dapat menjadi penggerak atau motivator dalam mengembangkan pariwisata yang ada di Kutai Barat khususnya di Tanjung Isuy,” harapnya.

Kemudian dalam kesempatan itu, Ketua Panitia FTI, Erik Estrada mengatakan, kegiatan ini berlangsung suskes berkat dukungan semua lapisan masyarakat dalam mengembalikan potensi wisata budaya yang pernah menjadi primadona wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

“Kegiatan ini juga turut membantu para pelaku UMKM dalam mendapatkan penghasilan dan juga dapat mempromosikan kesenian dalam pertunjukan seni dan budaya wisatawan dan para generasi muda,” pungkasnya.

Penulis : Welin. Editor : Emanuel

Sumber: https://kutaibaratkab.go.id/2022/08/pembukaan-festival-tanjung-isuy-fti-2022/

berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengunjung

038599
Users Today : 12
Users Yesterday : 285
Total Users : 38599
Views Today : 20
Total views : 86020
Who's Online : 1