Senin, 18 Oktober 2021

Piltikam Serentak Diikuti 28 Kampung di Mahulu Hari Ini

13 October 2021
Keterangan Foto : Suasana Piltikam Serentak di beberapa kampung dalam Kecamatan Long Bagun. Tampak di Kampung Batoq Kelo, Long Bagun Ilir, dan Long Melaham, Rabu 13 Oktober 2021. (Foto-foto : Kornelius Zivan/Polsek Long Bagun)

Laporan Wartawan Mahakam Pos : Kornelius Zivan*/

Mahulu, Mahakampos.com – Rabu 13 Oktober 2021, sejak pagi tadi, sudah terlihat kesibukan warga Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

Karena pesta demokrasi, Pemilihan Petinggi (Kepala Kampung/Pltikam) Serentak di 28 dari 50 kampung yang tersebar pada 5 kecamatan se-Mahulu dilaksanakan hari ini.

Warga sejumlah kampung di Mahulu antusius mengikuti piltikam, meskipun dengan penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 yang ketat.

Di Kampung Batoq Kelo, Kecamatan Long Bagun juga mengadakan Piltikam Serentak. Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Batoq Kelo, Kristono Tokan menjelaskan, suasana saat ini kondusif.
“Kampung Batoq Kelo ada dua wilayah. Yaitu Batoq Kelo Bawah (di Kampung Long Bagun), dan Batoq Kelo Ulu Riam. Jadi kami punya dua Tempat Pemungutan Suara (TPS). TPS 1 di Batoq Kelo Kota, dan TPS 2 di Ulu Riam,” terangnya kepada Mahakampos.com, Rabu (13/10/2021).

Kristono Tokan menyebut antusius warga yang datang ke TPS terlihat cukup tinggi. Hanya saja kata dia, prokes dalam piltikam saat ini diperkuat.
“Jadi dalam pelaksanaan piltikam ini harus penerapan protokol kesehatan ketat guna tidak adanya penyebaran Covid-19. Semoga berjalan lancar. Warga dihimbau agar tetap menjaga kondusifitas dan kamtibmas,” pungkasnya.

Camat Long Bagun, Yason Liah dikonfirmasi oleh Mahakampos.com, mengakui pihaknya terus memantau 8 kampung dalam Kecamatan Long Bagun yang mengikuti pemilihan petinggi hari ini.
“Berjalan lancar, dan terkendali dengan baik. Mudahan kondisi tetap kondusif sampai selesainya proses piltikam ini,” katanya.

Kepala Polsek Long Bagun, AKP Purwanto SH juga menjelaskan, bahwa situasi keamanan dan ketertibaan masyarakat (Kamtibmas) di Kecamatan Long Bagun saat ini kondusif.
“Aman dan kondusif. Kami himbau agar warga yang mengikuti pesta demokrasi piltikam saat ini dengan menguatkan prokes. Tetap gunakan masker dan hand sanitizer. Mari menguatkan cinta damai,” pesannya.

Sementara itu, di kecamatan terjauh dari Ibukota Mahulu, Ujoh Bilang, yakni Kecamatan Long Apari. Kondusifitas warga di Kecamatan Long Apari tetap terjaga dengan baik.

Kepala Polsek Long Apari, Iptu Ruwadiantono menuturkan, 4 dari 10 kampung yang ada dalam Kecamatan Long Apari mengikuti piltikam serentak tahun 2021.
“Situasi kamtibmas terkait piltikam 4 kampung di Kecamatan Long Apari aman dan kondusif,” urainya dalam pesan WhatsApp (WA).

Himbauan DPMK Mahulu Panitia Agar Netral



Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Mahulu, Damianus Tamha, melalui Sekretaris DPMK Mahulu,
Surianto SE, menjelaskan bahwa Piltikam Serentak 28 kampung di Mahulu hingga siang ini berjalan lancar.
“Saat ini kamtibmas kondusif. Kami (DPMK) Mahulu dari pukul 10.00 Wita sampai pukul 11.00 Wita, Rabu 13 Oktober 2021, sudah melakukan Video Conference dengan Kemendagri dan Ditjen Bina Pemerintahan Desa. Melaporkan kondisi Piltikam Serentak di Mahulu,” urai Surianto.

Menurutnya kemendagri mengharapkan piltikam serentak di Mahulu berjalan aman dan lancar. Karena itu diharapkan agar masyarakat dan kampung bersinergi dengan pihak aparat keamanan.
“TPS ditutup pada pukul 13.00 Wita. Saat ini sudah ada beberapa TPS di beberapa kampung yang mulai menghitung suara,” tukasnya.

Surianto menuturkan, DPMK Mahulu menghimbau agar pihak panitia piltikam 28 kampung dapat tetap menjaga protokol kesehatan. Saat penghitungan suara agar tidak terjadi kerumunan.
“Bersama kita jaga keamanan dan ketertiban. Panitia piltikam serentak tingkat kampung agar tetap berlaku netral, tidak memihak. Bersinergi dengan pihak keamanan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, terkait dengan Piltikam Serentak di Mahulu, Kapolres Kubar, AKBP Irwan Yuli Prasetyo, diwakili oleh Kabag Operasional Polres Kubar, AKP I Gde Dharma Suyasa, melakukan tinjauan langsung di Kabupaten Mahulu.(*/)

Editor : Redaksi

berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *