Senin, 25 Oktober 2021

Rencanakan TMMD Tahun 2022 di Kampung Kelian, Kecamatan Damai

22 September 2021
Rapat Pembahasan Rencana TMMD tahun 2022 di Kampung Kelian, Kecamatan Damai. Hadir pula Dandim 0912/Kbr, Letkol Kav Yudhi Prasetyo Purnomo dan sejumlah Kepala OPD di Ruang Diklat Lantai III Kantor Bupati, Sendawar, Selasa 21 September 2021. (Foto : hms10).

 

Kubar, mahakampos.com – Pemkab Kutai Barat (Kubar), menyambut baik rencana pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Kampung Kelian, Kecamatan Damai. Juga sasaran kegiatan Karya Bhakti di Kampung Sentalar, Kecamatan Nyuatan. Hal itu telah dibahas dalam Rapat Pembahasan Rencana TMMD di Ruang Diklat Lantai III Kantor Bupati di Sendawar, dipimpin oleh Pelaksana tugas (Plt) Asisten I Setkab Kubar, Faustinus Syaidirahman, Selasa (21/9/2021).

Lebih lanjut, dalam rapat itu Faustinus mengatakan, Pemkab Kubar perlu melakukan sinkronisasi kegiatan sesuai rencana yang ada. Karena dalam kegiatan tentu ada yang sharing (membutuhkan) Pemkab Kubar bersama TNI.
“Sehingga akurasi dalam kegiatan bisa di capai dan terlaksana dengan baik,”katanya.
Dalam rapat itu hadir pula Komandan Kodim 0912 Kubar, Kepala Dinas PU, Perwakilan Dinas Perkimtan dan DPMK.
Faustinus menuturkan, dalam kegiatan TMMD yang direncanakan tersebut juga ada kegiatan tambahan. Seperti rehab rumah ibadah, gedung kesenian, pembangunan 10 unit rumah dan pemagaran kawat berduri, serta semeninasi jalan sepanjang 250 meter. Sehingga perlu disinkronisasikan dengan instansi dan pihak terkait.


“Pada 2018 juga pernah dilakukan kolaborasi di Kecamatan Mook Manaar Bulatn. Dari Dana Desa, melalui TMMD dilaksanakan oleh TNI Kodim 0912/Kbr. Membangun gapura, semenisasi, dan pagar. Hasilnya masih bisa digunakan masyarakat sampai saat ini,” terangnya.
Faustinus Syaidirahman mengatakan, rencana TMMD tahun 2022 dan suksesnya kegiatan itu nantinya, tentu akan membawa dampak positif bagi Pemkab Kubar. Oleh karena itu menurutnya, Pemkab Kubar siap mendukung dan berkoordinasi secara berjenjang.
“Sehingga semua program yang akan dilaksanakan bisa dimatangkan dari sekarang. Agar dalam kegiatan nanti juga dapat dilakukan oleh PD terkait,” ungkapnya.
Dalam kesempatan yang sama, Dandim 0912/Kbr, Letkol Kav Yudhi Prasetyo Purnomo S.Sos, M.I.Pol menuturkan, keberadaan TNI dengan program TMMD untuk membantu pemerintah daerah dalam upaya mensejahterakan masyarakat.
”Sesuai pesan langsung pak Bupati minta bantuan TNI untuk menyentuh pembangunan di Kampung Kelian dan Kampung Sentalar. TNI memandang perlu dengan serius merencanakan hal tersebut, sehingga siap dilaksanakan,” katanya.
Dandim menerangkan, untuk sasaran TMMD yang akan dilaksanakan di Kampung Kelian, Kecamatan Damai dan Kampung Sentalar, Kecamatan Nyuatan, difokuskan pada kegiatan Karya Bhakti.
“Intinya dari dua kegiatan tersebut ada Kemanunggalan TNI Bersama Rakyat. Untuk kegiatan, Kodim 0912/Kbr sudah berkoordinasi dengan Dinas PU,” tukasnya.
Dandim juga bermohon kepada Pemkab Kubar. Agar bisa membantu sedikit penambahan fasilitas dalam pembangunan rumah prajurit yang ada di Asrama Kodim 0912/Kbr di Kampung Lay, Kecamatan Barong Tongkok. Hal itu mengingat masih banyak prajurit yang tinggal diluar asrama. Selain itu diharapkan juga bantuan untuk pemagaran tanah. Sehingga batas wilayah tanah yang diberikan pemerintah kepada Kodim 0912/Kbr memiliki batas.
Berkenaan konsep kegiatan di tahun 2022, Yudhi Prasetyo Purnomo mengungkapkan bahwa Kodim 0912/Kbr siap membantu Pemkab Kubar sepenuhnya. Karena menurutnya, secara tidak tertulis, TNI harus bisa melaksanakan segala tugas.
Terkait kegiatan Dana Desa (DD) yang bisa berkolaborasi dengan TMMD, Dandim menyebut hal itu suatu yang sangat luar biasa. Sehingga dampak yang diharapkan akan bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat.
“Seperti semenisasi jalan, juga rehab gedung. Sehingga apa yang dikolaborasikan baik TMMD ataupun karya Bhakti, mampu bermanfaat dan berdampak bagi masyarakat,” tandasnya.(hms10/red MP)

berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *