Senin, 18 Oktober 2021

Sebagai Proses Pengkaderan dan Regenerasi, DPD KNPI Kubar Berganti Sekretaris

24 August 2021
Ketua Umum DPD KNPI Kubar, Canissus Arjan SE, didampingi Sekretaris Christian Novi, S.H, M.H.dan Ketua OKK DPD KNPI Kubar, Antonius Noveldi. (Foto :Tim Redaksi Mahakam Pos)

 

Kubar, mahakampos.com – Sekretaris Umum Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kutai Barat (Kubar), secara resmi telah berganti. Yakni dari Fachrujiansyah Bachsan kepada Christian Novi, S.H, M.H.

Keputusan resmi pergantian Sekretaris DPD KNPI Kubar tersebut melalui Rapat Pleno Pengurus Harian DPD KNPI Kubar yang berlangsung di Kantor Sekretariat DPD KNPI Kubar, Komplek Business Center Tinggi Diraja, Sendawar, Senin (23/8/2021).
“Pergantian sekretaris guna berjalannya proses pengkaderan dan regenerasi di tubuh DPD KNPI Kubar,” kata Ketua Umum DPD KNPI Kubar, Canissius Arjan SE.

Dia menegaskan, pergantian sekretaris tersebut samasekali tidak ada masalah internal maupun eksternal. Menurutnya, lumrah didalam tubuh organiasi dilakukan perombakan untuk penyegaran organisasi. Arjan mengatakan, KNPI sebagai “Rumah Besar” seluruh elemen organisasi pemuda. Sehingga wajar saja jika kapanpun ada perpindahan posisi melalui re-generasi.
“Eksistensi dan kesinambungan perjalanan sebuah lembaga dibutuhkan peran, kiprah dan kepedulian,” urainya.
“KNPI kedepan dihadapkan pada tantangan memberdayakan diri sekaligus menampilkan model generasi muda yang dibutuhkan masyarakat dimasa mendatang,” ungkap Canissius Arjan SE, yang dilantik dan dikukuhkan sebagai Ketua Umum DPD KNPI Kubar bersama Fachrujiansyah Bachsan dan Syahir Syahraeny (Bendahara Umum DPD KNPI Kubar) pada 3 Maret 2020 lalu.

Dalam rapat pleno itu, selain posisi Sekretaris Umum, juga dilakukan pergantian pengurus pada sejumlah bidang di DPD KNPI Kubar. Bahkan ada penambahan Sekretaris dan Bendara. Menurut Arjan, dengan pergantian dan penambahan sejumlah pengurus, diharapkan semakin menguatkan kinerja KNPI Kubar, agar berguna mendukung pembangunan Kubar bersama pemerintah dan seluruh elemen masyarakat.
“Saya minta agar semua bidang di KNPI bergerak. Sehngga bisa membawa perubahan kearah yang lebih baik. KNPI harus berguna bagi pemuda dan masyarakat,” ucapnya.
“Saya menghimbau agar pemuda se-Kubar bersatu dibawah KNPI membangun daerah,” tukas Arjan, yang juga didampingi Ketua OKK DPD KNPI Kubar, Antonius Noveldi.

Canissius Arjan lebih jauh membeberkan,
Melalui KNPI, agar pemuda se-Kubar berdaya guna. Dia menuturkan, KNPI Kubar akan menyatukan semangat pemuda untuk membangun ekonomi kreatif.
“Jadi pemuda bukan hanya identik dengan bidang olahraga saja. Tapi mari kita bangun ekonomi dengan membuka lapangan kerja. Bersama kita menyiapkan Kubar dalam menghadapi kondisi pasca tambang batubara kedepan,” katanya.

Caissius Arjan mengungkapkan, dibawah kepemimpinannya dia akan merubah mindset (pola pkir) pemuda untuk menyiapkan diri menjadi generasi bermanfaat kedepan. Menurutnya, manfaat tidak hanya bagi KNPI semata. Namun juga bagi upaya pencapaian tujuan pembangunan kepemudaan dan masyarakat.
“Menjadikan pemuda Kubar sebagai pemuda yang berkarakter, kapasitas dan berdaya-saing,” pungkasnya, dan mengatakan bahwa rencana pergantian sekretaris tersebut sebelumnya telah disampaikan kepada pengurus KNPI Provinsi Kaltim.

Untuk diketahui, Fahrujiansyah Bachsan telah menjabat selama tiga periode sebagai Sekretaris Umum DPD KNPI Kubar.

Sekretaris Umum DPD KNPI Kubar terpilih dalam rapat pleno itu, Christian Novi, S.H, M.H, dalam sambutannya menyatakan siap mengemban amanah dan tugas. Dia juga berharap dukungan semua bidang dan seluruh anggota KNPI Kubar.
“Terima kasih kepada ketua dan seluruh pengurus DPD KNPI Kubar. Saya akan menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya. Dengan kebersamaan menjadi sebuah kekuatan yang mampu memberikan manfaat,” singkatnya.

Untuk diketahui, dalam Rapat Pleno itu juga dibahas rencana kegiatan KNPI Kubar dalam beberapa waktu kedepan. Diantaranya mempersiapkan kegiatan bantuan sosial kepada masyarakat yang melakukan isolasi mandiri karena terpapar Covid-19.(imn/red)

berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *