Senin, 18 Oktober 2021

Tering Terendam Banjir, Warga Berharap Bantuan

5 September 2021
Keterangan Foto : Sungai Mahakam meluap, banjir merendam Kampung Tering Lama, Kecamatan Tering, sejak Sabtu, 4 September 2021. (Foto : Petinggi Tering Lama/Feromensius Liah/Dok. Mahakam Pos).

 

Kubar, mahakampos.com – Sejumlah kampung dalam wilayah Kecamatan Tering, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), sudah direndam banjir akibat meluapnya Sungai Mahakam.

Diantaranya Kampung Tering Lama, Tering Lama Ulu, dan Tering Seberang. Petinggi (Kepala Kampung) Tering Lama, Feromensius Liah mengatakan, bahwa debit banjir di Kampung Tering Lama masih terus merangkak naik.
“Kampung Tering Lama terdiri 6 Rukun Tetangga (RT), saat ini sudah merata di rendam banjir. Rumah warga merata rumah panggung bertiang. Ada sebagian dijalur atas kampung yang sudah terendam sampai ke lantai,” ungkapnya kepada mahakampos.com, dihubungi via seluler, Minggu (5/9/2021) petang.

Feromensius Liah menjelaskan, bahwa debit banjir Sungai Mahakam mulai naik sejak Sabtu (4/9/2021). Sempat bertahan, tapi ada banjir susulan dari Mahakam Ulu.
“Saat ini (Sabtu petang, Red,-.) kedalaman banjir sudah hampir sepinggang orang dewasa. Ini masih terus naik. Di bagian atas kampung, sudah ada rumah warga yang terendam sampai ke lantai,” katanya.

Dia mengungkapkan, Kampung Tering Lama berpenduduk 195 kepala keluarga (KK), dengan total 616 jiwa saat ini hanya berdiam didalam rumah. Seluruh lingkup kampung terendam banjir.
“Ada yang membuat panggung didalam rumah, mengantisipasi jika lantai rumah terendam banjir,” tukasnya.
Petinggi Feromensius Liah mengakui bahwa hingga Sabtu petang, belum ada instansi terkait yang datang meninjau, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kubar.

Sementara itu, di Kampung Tering Seberang, sebanyak 4 dari 6 RT sudah di rendam banjir akibat luapan Sungai Mahakam dari pehuluan. Jalan aspal didalam Kampung Tering Seberang sudah terendam banjir mencapai kedalaman 70 centimeter.
“Rumah warga belum ada yang terendam sampai ke lantai. Tapi debit banjir masih perlahan naik,” terang Petinggi Tering Seberang, H Khairullah melalui telepon kepada mahakampos.com, Minggu (5/9/2021) sekitar pukul 19.00 Wita malam tadi.

Dia menyebut, apabila datang banjir kiriman dari Mahakam Ulu, dapat dipastikan pada 10 jam kedepan rumah warga di Tering Seberang akan terendam banjir sampai ke lantai.
“Kami berharap kepada instansi terkait dan juga perusahaan dalam wilayah Tering, untuk bisa berpartisipasi membantu warga yang terdampak banjir,” pesan H Khairullah.

Tak beda, di Kampung Tering Lama Ulu yang terdiri dari 4 RT. Saat ini seluruh rumah warga merata rumah panggung, dibawahnya sudah terendam banjir.
“Debit banjir masih naik sampai malam ini. Sudah ada beberapa rumah warga yang terendam sampai ke lantainya,” ungkap Petinggi Tering Lama Ulu, Rudy Evendy kepada mahakampos.com, Minggu (5/9/2021) malam tadi.

Dia menuturkan, Tering Lama Ulu terdiri
185 KK, seluruh ladang dan kebun warga sudah terendam banjir.
“Termasuk hewan ternak. Saya himbau warga waspada sambil melihat kondisi. Saat ini warga yang rumahnya tenggelam mengungsi ketempat keluarga terdekat,” urainya.

Petinggi Rudy Evendy juga berharap agar instansi terkait segera meninjau kondisi banjir tersebut. Bahkan warga terdampak berharap bantuan dari pemerintah. Terutama bantuan sembako dan kebutuhan pokok lainnya.(imn/red)

berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *