Senin, 18 Oktober 2021

Tiga Kecamatan di Mahulu Masih Aman, Di Long Hubung Debit Banjir Mulai Surut

5 September 2021
Keterangan Foto : Kondisi debit air Sungai Mahakam di Ibukota Kecamatan Long Pahangai, masih jauh dibawah bibir sungai, Minggu 5 September 2021 pagi. (Foto : Kapolsek Long Pahangai/Dok Mahakam Pos).

 

Mahulu, mahakampos.com – Kondisi debit air Sungai Mahakam di Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam ulu (Mahulu), saat ini mulai surut. Namun curah hujan masih tinggi, dihimbau agar warga tetap waspada.

“Untuk wilayah Long Bagun mulai aman dan mengalami penurunan (surut) secara signifikan sejak Sabtu 4 September 2021 malam. Mudahan tidak hujan lagi di bagian hulu, maka kondisi Sungai Mahakam akan normal lagi,” terang Camat Long Bagun, Yason Liah kepada mahakampos.com, dihubungi via seluler, Minggu (5/9/2021).

Keterangan Foto : Begini kondisi debit air Sungai Mahakam di Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Minggu 5 September 2021 pagi. (Foto : Camat Long Bagun/Dok.Mahakam Pos).

Camat menyebut, 11 kampung dalam Kecamatan Long Bagun akan aman dari banjir jika tidak ada banjir besar di dua kecamatan di hulu riam Sungai Mahakam. Yakni Long Apari dan Long Pahangai.
“Debit air Sungai Mahakam surut sejak malam tadi. Namun ada hujan subuh tadi. Maka yang harus wapada adalah wilayah hilir Long Bagun termasuk Long Hubung,” pungkasnya.

Long Apari dan Long Pahangai Aman
—————————————————–
Sementara itu kondisi di debit air Sungai Mahakam di Kecamatan Long Apari juga masih aman. Kapolsek Long Apari, Iptu Ruwadiantono mengabarkan bahwa
hingga Minggu pagi, debit air masih jauh dari bibir Sungai Mahakam.
“Kondisi air Mahakam di Long Apari stabil. Hanya saja, agar masyarakat di pesisir rendah untuk waspada. Karena curah hujan tinggi,” jelasnya dalam pesan WhatApps (WA).

Begitu pula di Kecamatan Long Pahangai, sejak Minggu (5/9/2021) pagi, debit Sungai Mahakam mulai surut. Kepala Polsek Long Pahangai, Iptu L. Palengo mengungkapkan, meski demikian, namun warga sejumlah kampung di bantaran Sungai Mahakam agar tetap waspada.
“Curah hujan tinggi, hampir setiap hari turun hujan. Sekarang ini (Minggu siang), debit air Sungai Mahakam masih jauh kebawah bibir tepi sungai.Tetap waspada, kawatir banjir di bagian hulu,” ujar Iptu L. Palengo di ujung telepon.

Sementara, di Kecamatan Long Hubung, sudah ada sejumlah kampung yang mulai terendam banjir akibat luapan Sungai Mahakam sejak sore kemarin. Camat Long Hubung, Yulia Djiu Hong dihubungi Mahakam Pos membenarkan kondisi itu.
“Di Kampung Long Hubung debit banjir sudah ada yang sampai merendam ke kolong rumah warga. Itu sejak Minggu sore. Tapi sekarang kelihatan mulai surut,” katanya.

“Minggu (subuh) tadi ada hujan deras. Mudah-mudahan dibagian ulu surut. Untuk kampung lainnya masih aman. Saya himbau warga di pesisir tetap waspada. Para petinggi agar lakukan koordinasi ke kecamatan,” tandas Camat Yulia.(imn/red)

berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *