Harindo 1
RAMADHAN 2024
Iklan Skurity

Tingkatkan Kompetensi SDM, Pemerintah Kampung Pepas Eheng Adakan Pelatihan Kerja

8 August 2022
Pembukaan dan Penyerahan peserta Kursus Mekanik Welder Kampung Pepas Eheng kepada PLPK Putra Jaya Skill di BPU Kampung Pepas Eheng oleh Petinggi Pepas Eheng, Armansyah Ngudau, dihadiri Camat Barong Tongkok, Valentinus Klalo, juga hadir Plt Kadisnakertrans Kubar, Ambok Upeq SH, didampingi kabid P3TK Diskanertrans Kubar, Herlina Christine SH, Senin 8 Agustus 2022. (Foto: Imran Yusran/Mahakampos.com).

Bekerjasama Dengan PLPK Putra Jaya Skill Linggang Bigung, Didukung Oleh Disnakertrans Kutai Barat

KUTAI BARAT, MAHAKAMPOS.COM – Terobosan dilakukan oleh Pemerintah Kampung Pepas Eheng, Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur.

Guna meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) bagi masyarakat kampung itu, Pemerintah Kampung Pepas Eheng mengadakan pelatihan kerja berbasis kompetensi. Yakni bekerjasama dengan Perkumpulan Lembaga Pelatihan Kerja (PLPK) Putra Jaya Skill Linggang Bigung, dan juga didukung oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kubar.

Pembukaan dan Penyerahan peserta Kursus Mekanik Welder Kampung Pepas Eheng kepada PLPK Putra Jaya Skill Linggang Bigung dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kampung Pepas Eheng, langsung oleh Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kubar, Ambok Upeq SH, didampingi Kabid Pelatihan Kerja, Produktivitas Tenaga Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja (P3TK) Diskanertrans Kubar, Herlina Christine SH, Senin (8/8/2022) pagi.

Plt Kadisnakertrans Kubar, Ambok Upeq mengaku sangat senang dengan program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kampung Pepas Eheng.

Memang ini merupakan kegiatan dari ADD Pepas Eheng. Tidak ada kaitan anggaran itu dengan Disnakertrans Kubar. Kami menilai Pemerintah Kampung Pepas Eheng punya niat baik melibatkan Disnakertrans Kubar dalam hal ini,” terangnya.

Ambok Upeq menuturkan bahwa, Pemkab Kubar sangat mendukung peningkatan SDM masyarakat pada 190 kampung dan 4 kelurahan di 16 kecamatan se-Kubar.

Menurutnya hal itu dalam rangka mendorong terus berkembangnya peluang kerja, sehingga mampu mendukung berkembangnya sektor perekonomian masyarakat.

“Harapan kami kegiatan ini bukan hanya pelatihan welder. Kalau bisa kedepan ditambah pelatihan jurusan lainnya. Sehingga bisa menambah keahlian tenaga kerja,” tandasnya.

Ditambahkan oleh Kabid P3TK Diskanertrans Kubar, Herlina Christine, bahwa Disnakertrans Kubar memiliki kewenangan atau kewajiban memonitoring pelatihan di wilayah. Dia menyebut PLPK Putra Jaya Skill merupakan salah satu mitra Disnakertrans Kubar dalam pelatihan.

“Sangat bersyukur ada kampung yang mau mendukung program pemerintah dibidang tenaga kerja. Nantinya setelah para peserta lulus pelatihan, Disnakertrans akan membantu untuk dimagangkan ke perusahaan. Kedepan Disnakertrans akan merekomendasikan agar mereka bisa bekerja,” pungkasnya.

Petinggi Armansyah: Memotivasi Agar Siap Menghadapi Dunia Kerja


Petinggi (Kepala Kampung) Pepas Eheng, Armansyah Ngudau menjelaskan, kegiatan itu untuk memotivasi masyarakat agar siap menghadapi dunia kerja dimanapun berada, terlebih saat ini Kaltim menjadi Ibu Kota Nusantara (IKN). Dia menjelaskan, untuk pelatihan kali ini, Pemerintah Kampung Pepas Eheng bekerjasama dengan PLPK Putra Jaya Skill Linggang Bigung.

“Dalam rangka peningkatan SDM Kampung Pepas Eheng pada tahun 2022 ini, utama peningkatan SDM usia angkatan kerja. Pada kesempatan ini pelatihan fokus di bidang welder (Juru Las),” jelasnya kepada wartawan usai acara itu.

Armansyah Ngudau menambahkan, semua pembiayaan (anggaran) pelatihan ini totalnya sebesar Rp 53 juta. Dibebankan kepada APBDes Kampung Pepas Eheng dari Alokasi Dana Desa (ADD) TA 2022.

“Jadi (pelatihan) ini memang sudah menjadi visi-misi Pemkab Kutai Barat. Peningkatan SDM khususnya peningkatan sumber daya manusia untuk angkatan kerja,” urainya.

Dia mengungkapkan, selama ini yang menjadi keluhan, adalah tenaga lokal sulit bersaing dengan tenaga luar. Terutama di perusahaan pertambangan dan lainnya. Alasannya, tenaga lokal tidak punya skill khusus. Oleh karena itu, menurut Armansyah Ngudau, sehingga Pemerintah Kampung bersama BPK dan para tokoh masyarakat Pepas Eheng sepakat melaksanakan program pelatihan.

“Untuk tahun pertama ini (2022) memang welder. Karena hasil konsultasi kami dengan Disnakertrans Kubar, bidang itu banyak dibutuhkan. Harapan, kedepannya, dengan sudah dilatihnya anak-anak usia kerja ini, tidak ada alasan lagi mereka tidak diterima di perusahaan di Kubar. Karena mereka sudah punya skill (keahlian),” ungkapnya.

Petinggi Armansyah Ngudau berharap, dengan pelatihan khusus tersebut, sehingga angkatan kerja (warga Pepas Eheng) punya daya saing. Agar kedepan bisa berkompetisi dengan tenaga kerja dari luar. Dia menambahkan, dalam pelatihan ini, diprioritaskan dan diberi kesempatan utama peningkatan SDM usia angkatan kerja, khususnya bagi warga kurang mampu.

“Diprioritaskan kepada usia angkatan kerja yang punya semangat, yang secara ekonomi memang harus dibantu, anak putus sekolah, dan yatim atau piatu. Untuk warga yang secara finansial mampu, maka kesempatan diberikan dulu kepada warga kurang mampu,” tegasnya.

Petinggi Armansyah Ngudau menuturkan, Pemerintah Kampung Pepas Eheng berkomitmen melaksanakan program pelatihan tenaga kerja tersebut secara berkelanjutan hingga tahun 2027 mendatang. Sehingga dalam Musrenbang Kampung, program tersebut akan terus dianggarkan lagi pada tahun depan.

“Pembiayaannya dari dana desa (ADD). Selain untuk program fisik, ketahanan pangan, dan untuk SDM dapat terbangun dengan baik. Untuk jurusan (pelatihan), kami berkoordinasi dengan kecamatan, Disnakertrans, Pendamping Desa, juga dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat,” katanya, dan mengatakan pada tahun ini sebanyak 5 orang warga Pepas Eheng dikirim mengikuti pelatihan Welder (Juru Las) di PLPK Putra Jaya Skill Linggang Bigung.

 Camat: Mewujudkan Tenaga Kerja Berpotensi dan Terampil


Camat Barong Tongkok, Valentinus Klalo yang juga hadir dalam acara itu mengatakan, sangat berterma kasih dan mengapresiasi Pemerintah Kampung Pepas Eheng. Menurutnya, tujuan dari kegiatan pelatihan adalah untuk mewujudkan tenaga kerja yang berpotensi dan terampil.

“Sehingga dapat menciptakan kompetensi kerja,menciptakan lapangan kerja serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi produktif masyarakat. Untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan pada pencari kerja agar bisa memasuki peluang kerja maupun dapat membuka usaha sendiri,” urainya.

Untuk diketahui, dalam kesempatan itu dilakukan pula penandatanganan kerjasama MoU (Memorandum of Understanding) antara Pemerintah Kampung Pepas Eheng dan PLPK Putra Jaya Skill.

Hadir pula Direktur PLPK Putra Jaya Skill Linggang Bigung, Agus Putra. Dia menjelaskan, PLPK yang dipimpinnya bergerak dalam pelatihan di berbagai bidang alat berat, mekanik alat berat, mekanik kendaraan ringan, hingga pelatihan bahasa Mandarin dan training computer.

“Sudah banyak kerjasama yang kami lakukan dengan pemerintah kampung di Kubar. Terutana di Kecamatan Tering, Nyuatan, Damai, Barong Tongkok, dan beberapa kecamatan lainnya. Workshop kami di Kampung Linggang Bigung. Kami selama ini juga sudah pernah melakukan kerjasama dengan Disnakertrans Kubar dan juga dengan Pemprov Kaltim,” tandas Agus Putra, dan mengatakan PLPK Putra Jaya Skill berdiri sejak
7 Juli 2019.

Penulis : Imran Yusran 
Edditor : Antung Amrullah

berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengunjung

095539
Users Today : 9
Users Yesterday : 27
Total Users : 95539
Views Today : 16
Total views : 240692
Who's Online : 1