Senin, 18 Oktober 2021

Wakil Ketua I DPRD Mahulu, Tiopilus Hanye : Sudah 3 Tahun Pustu Delang Kerohong Tidak Berfungsi

15 October 2021
Keterangan Foto : Terkait permasalahan belum beroperasinya Pustu Kampung Delang Krohong, Kecamatan Long Pahangai, DPRD Mahulu sudah pernah melakukan rapat.(Foto : Tiopilus Hanye/Dok.Mahakam Pos).

 

Kontraktor Melarikan Diri, Utang Material dan Pekerja Tidak dibayar

Mahulu, Mahakampos.com – Gedung Puskesmas Pembantu (Pustu) Kampung Delang Krohong, Kecamatan Long Pahangai, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) yang dibangun oleh kontraktor pengerja pada 2018 lalu, hingga kini belum bisa digunakan untuk pelayanan kesehatan masyarakat. 

Penyebabnya, karena masih ada “Utang” pihak kontraktor yang belum dibayarkan kepada pekerja (para tukang) dan pemilik bahan material.

Wakil Ketua I DPRD Mahulu, Tiopilus Hanye mengatakan, belum lama ini DPRD Mahulu menerima surat dari Penjabat (Pj) Petinggi Kampung Delang Krohong. Intinya, meminta DPRD Mahulu membantu menyelesaikan masalah Pustu Delang Krohong,  supaya segera di operasionalkan.
“Karena bangunan pustu tersebut dalam keadaan disegel  oleh warga masyarakat, atas nama Pak Awang dan kawan-kawan (dkk),” jelasnya kepada Mahakampos.com via seluler, Rabu (13/10/2021).   

Menurut Tiopilus Hanye, DPRD Mahulu menanggapi surat tersebut, dan memanggil pihak yang bertanggung jawab penuh terhadap pembangunan pustu tersebut. Yakni, Dinas Kesehatan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Mahulu. 
“Penjelasan Kepala Dinkes P2KB Mahulu, Agustinus Teguh Santoso, bahwa pembangunan Pustu Delang Krohong adalah proyek Tahun Anggaran 2018. Dengan pagu anggaran sekitar Rp 445 juta. Dipotong pajak dan sebagainya, bersih berkisar Rp 395 juta,” urai Tiopilus Hanye yang terpilih sebagai Anggota DPRD Mahulu pada Pileg 2019 lalu diusung oleh PDI Perjuangan.

Tiopilus membeberkan, menurut keterangan Kadinkes P2KB Mahulu, pekerjaan pembangunan proyek pustu  itu sebenarnya sudah selesai. Diserah terimakan dari kontraktor kepada dinas. Bahkan sudah diserah terima dari Dinkes P2KB kepada Kepala Puskesmas Long Pahangai. 
“Artinya tidak ada masalah antara kontraktor dengan Dinkes P2KB. Kondisi pembangunan Pustu Delang Krohong sudah selesai 100 persen. Kemudian pembayarannya juga sudah 100 persen kepada kontraktor,” ungkapnya.

Dituturkan Tiopilus, kadinkes menjelaskan bahwa masalahnya adalah dari kontraktor. Karena tidak membayar penuh para pekerja (tukang), dan penyedia material dilapangan, yaitu Pak Awang. 
“Tunggakan kontraktor itu sebesar Rp 87 juta yang belum dibayar kepada pak Awang.  Pihaknya bertahan, jika uang tersebut tidak dibayar, maka segel terhadap bangunan pustu itu tidak akan dibuka,” paparnya. 

Tiopilus Hanye menyebut, bahwa sudah diupayakan mediasi oleh Dinkes P2KB dengan pihak Pak Awang dkk. Namun masalahnya, saat ini kontraktor tersebut sudah lari, tidak diketahui dimana rimbanya. 

Menyikapi hal itu menurut Tiopilus Hanye, DPRD Mahulu me-mediasi dan memberikan beberapa solusi untuk menyelesaikan pembayaran kepada Pak Awang. 
“Bangunan pustu tersebut belum ada pagar kelilingnya. DPRD Mahulu mengusulkan agar pustu itu di pagari. Alasannya, karena dekat dengan lokasi pemakaman. Usulan DPRD disetujui oleh dinkes,” ucapnya.

“Ada baiknya rencana pemagaran Pustu Delang Krohong dijadikan proyek PL (Penunjukan Langsung) kepada Pak Awang.  Sehingga masalah dana yang belum dibayar oleh kontraktor  bisa dijadikan solusi penggantinya,” tukasnya. 

Tiopilus Hanye menyebut, dalam waktu dekat DPRD Mahulu akan menjadwalkan rencana memanggil atau menemui langsung Pak Awang. 
“Kami berharap semoga beliau (Pak Awang, Red,-)  bisa menerima. Bahkan usulan itu sudah disetujui Dinkes P2KB, dan juga arahan Sekda Mahulu sama,” timpal Tiopilus Hanye yang terpilih menjadi  Anggota DPRD Mahulu dari Dapil 3, Kecamatan Long Apari dan Long Pahangai.

Tiopilus Hanye memaparkan, Pustu Kampung Delang Krohong sudah 3 tahun tidak berfungsi. Meski pelayanan kesehatan tetap berjalan, namun hanya kadang di rumah bidan dan perawat. 

Hingga berita ini diterbitkan, Kepala Dinkes P2KB Mahulu, Agustinus Teguh Santoso belum berhasil dikonfirmasi oleh Mahakampos.com.

Penulis : Imran

Editor : Redaksi

berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *