Harindo 1
RAMADHAN 2024
Iklan Skurity

Peluang Usaha, Rahasia Budidaya Bekicot dari Awal hingga Panen

19 October 2023
Budidaya Bekicot (Tangkapan layar Channel YouTube@DOKPROJECT)

Budidaya bekicot merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan, karena selain menjadi sumber protein untuk pakan ternak, bekicot memiliki nilai ekonomi tinggi melalui lendirnya yang digunakan dalam pengobatan. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah budidaya bekicot dari awal hingga panen.

Persiapan Media Budidaya

Langkah pertama dalam budidaya bekicot adalah mempersiapkan media budidaya. Kandang yang dibuat harus selalu lembab dan teduh dengan suhu sekitar 25-30 derajat Celsius. Beberapa jenis kandang yang bisa digunakan termasuk kandang kotak kayu, kandang basemen, dan kandang galian tanah. Kelembaban dapat dijaga dengan menambahkan media tanah dan cacing di dalam kandang.

Pemilihan Bibit Unggul

Tidak semua jenis bekicot dapat dibudidayakan, jadi pilihlah bibit unggul dengan bentuk tubuh yang baik, berat ideal 75-100 gram per ekor, dan tidak mengalami kecacatan fisik. Bibit unggul bisa ditemukan di area persawahan atau sekitar pekarangan rumah yang lembab.

Proses Reproduksi

Bekicot mulai kawin pada usia 6-7 bulan. Tempatkan indukan di area lembab yang aman untuk bertelur, dan mereka akan meninggalkan telur-telur mereka. Penetasan telur tergantung pada kelembaban, iklim, dan cahaya. Telur bekicot biasanya memiliki ukuran kurang dari 2 mm.

Halaman
berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengunjung

093476
Users Today : 8
Users Yesterday : 43
Total Users : 93476
Views Today : 29
Total views : 235312
Who's Online : 1