Senin, 18 Oktober 2021

Dekranasda Kubar Bantu Kelompok Binaan

26 August 2021
Keterangan Foto : Ketua Dekranasda Kubar, Yayuk Seri Rahyu Yapan (ketiga dari kiri), menyerahkan bantuan mesin jahit kepada kelompok pengrajin binaan di 5 kecamatan di Kubar, Kamis 26 Agustus 2021. (Foto : Istimewa).

 

Salurkan mesin jahit untuk kelompok pengrajin

 

Kubar, mahakampos.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) bertekad terus meningkatkan kualitas hasil kerajinan pengrajin lokal pada 16 kecamatan se-Kubar.

Salah satu cara yang dilakukan, dengan memberikan bantuan kepada para pengrajin. Diantaranya, menyalurkan bantuan mesin jahit kepada kelompok pengrajin binaan di 5 dari 16 kecamatan se-Kubar pada tahun ini.
“Bantuan mesin jahit itu sebagai bentuk pembinaan untuk meningkatkan kualitas produk kerajinan olahan oleh para kelompok pengrajin binaan,” terang Ketua Dekranasda Kubar, Yayuk Seri Rahyu Yapan kepada wartawan di Sendawar, Kamis (26/8/2021).

Dia menuturkan, sebanyak 6 unit mesin jahit disalurkan kepada 6 kelompok binaan. Yakni di Kampung Tering Lama dan Tukul Kecamatan Tering. Kemudian Kampung Keliwai Kecamatan Long Iram, Kampung Mendika Kecamatan Damai, Kampung Payang Kecamatan Muara lawa, dan Kampung Tebisaq Kecamatan Siluq Ngurai.
“Pengrajin di Kubar belum semuanya masuk dalam kelompok pengrajin binaan. Tetapi bantuan berupa peralatan atau sarana pendukung tersebut, merupakan kegiatan rutin Dekranasda Kubar setiap tahun,” tegasnya.

Yayuk Seri Rahayu menambahkan, targetnya, dengan ada dukungan dan pembinaan yang rutin, diharapkan dapat memotivasi para pengrajin untuk menghasilkan produk kerajinan berkualitas.
“Sehingga dapat menambah nilai jual dan penghasilan para pengrajin,” ucapnya.

Yayuk Seri Rahayu mengungkapkan, kegiatan pembinaan oleh Dekranasda bukan hanya sekedar menyalurkan bantuan. Tetapi rutin di evaluasi melalui monitoring.
“Dengan melihat produk yang dihasilkan oleh para pengrajin, apakah setiap waktu ada kemajuan atau tidak kualitasnya,” katanya.

Yayuk Seri Rahayu yang merupakan istri Bupati Kubar, FX Yapan SH menambahkan, Dekranasda melakukan evaluasi rutin untuk melihat hasil dari produk kerajinan yang dihasilkan oleh para pengrajin.
“Karena kualitas produksi berkaitan kuat dengan pemasaran produk,” ungkapnya.

Dipenghujung ungkapannya, Yayuk Seri Rahayu berharap, para pengrajin binaan Dekranasda di Kubar terus berinovasi dalam menghasilkan produk kerajinan.
“Agar dapat bersaing dengan daerah luar, sekaligus menjadi daya tarik tersendiri terhadap destinasi wisata di Kubar,” ujarnya.
Dia mengimbau agar para pengrajin yang belum terakomodir dalam kelompok binaan, supaya tetap bersemangat tinggi berkarya. Karena Dekranasda Kubar terus berupaya mengembangkan kelompok binaan.
“Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif, sejalan dengan Visi dan Misi Pemkab Kubar menuju hari esok yang lebih baik daripada hari ini,” tandasnya.(imn/red)

berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *