Harindo 1
RAMADHAN 2024
Iklan Skurity

Jangan Takut Buka Bisnis Baru

1 September 2023

BANGKRUT, memang itu sudah menjadi resiko bagi siapa saja yang sudah terjun ke dunia usaha. Apalagi, mungkin Anda sudah mengeluarkan jutaan rupiah bahkan ratusan juta rupiah untuk modal usaha.

Namun hal itu, jangan membuat Anda takut untuk mulai bisnis lagi. Kata-kata spirit entrepreneurship ini pernah dikatakan oleh pengusaha sukses, Ir. Ciputra. Lantas, orang berasumsi, dengan pepatah kuno: “Bukalah lagi usaha ketika bangkrut, atau tunggu sampai situasi membaik?”.
Betulkah peluang usaha untuk memulai usaha baru pada masa krisis atau bangkrut tertutup rapat?

Menurut Peter Kurzina dari Sloan School of Management, Massachusetts Institute of Tecnology, dalam salah satu seminar di Kauffman Foundation, Kansas City, krisis atau kebangkrutan memang mengakibatkan situasi yang tidak menguntungkan bagi wirausahawan.

Sulitnya mencari dana, resiko bisnis yang lebih tinggi,dan membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai. Pada sisi lain, situasi seperti itu juga memberikan peluang untuk memulai bisnis baru karena mungkin lebih mudah dengan modal yang relatif kecil dulu.
Dengan pengalaman bisnis Anda sebelumnya, intensitas kebangkrutan akan berkurang setelah satu dua tahun. Itu akan diikuti dengan kondisi pertumbuhan usaha Anda. Membayar kembali dana pinjaman yang mungkin Anda lakukan, pada kondisi pertumbuhan usaha Anda tentunya akan sangat menolong.

Halaman
berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengunjung

093395
Users Today : 5
Users Yesterday : 40
Total Users : 93395
Views Today : 11
Total views : 235046
Who's Online : 1