Senin, 18 Oktober 2021

Koperasi Berkah Salama Jaya Kaltim Lakukan Pengembangan Lokasi

8 September 2021
Keterangan Foto : Ketua Umum Koperasi Produsen Ternak BSJ Kaltim, Suparlan S.PdI bersama sejumlah jajaran pengurus, bersiap melakukan pembukaan lahan pakan ternak sapi seluas 6,6 hektare. Disana juga akan dibangun kandang berkapasitas 500 ekor sapi, dan juga kantor administrasinya. (Foto-foto : Dok.Koperasi BSJ Kaltim/Suparlan/Mahakam Pos).

 

Sekaligus pilot project pengembangan penggemukan sapi di Desa Tani Bhakti, Loa Janan

Kukar, mahakampos com – Koperasi Produsen Ternak Berkah Salama Jaya (BSJ) Kalimantan Timur, kini terus mewujudkan proses panjang menuju satu titik peradaban, menjadikan Provinsi Kalimantan Timur sebagai Lumbung Ternak Menyongsong Ibu Kota Negara (IKN) 2024.
Kerja nyata yang saat ini dilakukan Koperasi BSJ Kalimantan Timur, yaitu kegiatan pengembangan lokasi sekaligus pilot project pengembangan Penggemukan Sapi.
“Akan dimulai kegiatannya. Yaitu di Desa Tani Bhakti, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Kegiatan pembukaan lahan pakan ternak sapi, luasnya 6,6 hektare,” jelas Ketua Umum Koperasi Produsen Ternak BSJ Kaltim, Suparlan S.PdI, yang juga merupakan Direktur Utama PT Berkah Salama Jaya Kalimantan Timur kepada Mahakampos.com, Rabu (8/9/2021).
Suparlan menambahkan, lahan pakan ternak itu kini telah ditanami rumput jenis rumput gajah, pohon kaliandra, dan beragam rumput lainnya yang memang disukai sapi.
“Jadi diatas lahan seluas 6,6 hektare itu, selain ditanam rumput pakan sapi, juga akan dibangun kandang baru dengan kapasitas 500 ekor sapi,” urainya.
“Ada sedikit rawa dilahan itu, akan di uruk diatasnya supaya kering dan tinggi,” tukas Suparlan.
Tak tanggung-tanggung, dihalaman depan pada sisi luar dari lahan tersebut juga akan dibangun kantor administrasi Koperasi Produsen Ternak Berkah Salama Jaya Kalimantan Timur.
“Koperasi BSJ Kaltim bersama orang-orang hebat dengan tujuan utama mewujudkan Kaltim sebagai Lumbung Ternak menyongsong IKN 2024,” tegasnya.
Koperasi BSJ Kalimantan Timur yang berkantor pusat di Jalan Widyagama, Desa Tani Bhakti, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, bergerak dibidang penggemukan sapi potong, telah memiliki puluhan unit di kabupaten/kota se-Kaltim.
Sampai saat ini sudah ada ratusan kelompok ternak sapi yang menjadi mitra Koperasi Produsen Ternak BSJ Kaltim.

Koperasi Produsen Ternak BSJ Kaltim, menyambungkan permodalan dengan para kelompok peternak se-Kaltim. Koperasi itu telah melakukan program kemitraan dengan sejumlah perusahaan dan lembaga perbankan. Diantaranya program kemitraan dengan PT Pertamina, dan sejumlah bank.
Koperasi Ternak Berkah Salama Jaya Kalimantan Timur bertekad membantu kesejahteraan peternak sapi di unit kabupaten/kota se-Kaltim. Yakni dengan cara kemitraan dengan peternak. Memberikan dukungan teknis untuk pengembangan dan pembibitan bahkan penggemukan ternak sapi. Yaitu dengan cara pendampingan, pelatihan, pengelolaan, dan tata cara pemberian pakan serta lainnya.

Bahkan Koperasi BSJ Kaltim dan PT Berkah Salama Jaya selama ini telah melakukan kerjasama dengan Dinas Pertenakan Provinsi Kaltim. Yakni dalam rangka mendukung perekonomian masyarakat, dengan efektifitas penggemukan ternak sapi.
“Membuka peluang bagi petani/peternak se-Kaltim. Karena setiap tahun Provinsi Kaltim memerlukan sekitar 60 ribu ekor sapi potong,” ungkap Suparlan.
Koperasi Berkah Salama Jaya Kaltim optimis mampu memenuhi kebutuhan daging sapi tersebut. Utama meningkatkan ekonomi masyarakat. Sehingga kedepan Kaltim tidak mendatangkan daging sapi dari luar negeri.(imn/red)

berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *