Senin, 18 Oktober 2021

Koperasi Berkah Salama Jaya Menyiapkan Lokasi Pengembangan dan Pembibitan Sapi

26 August 2021
Keterangan Foto : Menyongsong IKN 2024, Koperasi Produsen Ternak BSJ Kaltim dengan ketua Suparlan S.PdI bertekad menuju Kaltim menjadi lumbung ternak. (Foto : Dok. Koperasi BSJ Kaltim/Mahakam Post)

 

Menuju Kaltim menjadi lumbung ternak

Kukar, mahakampos.com – Proses panjang menuju satu titik peradaban, menjadikan Provinsi Kalimantan Timur sebagai Lumbung Ternak Menyongsong Ibu Kota Negara (IKN) 2024.

Itulah yang membuat Koperasi Produsen Ternak Berkah Salama Jaya (BSJ) Kalimantan Timur, kini terus berbenah.
“Saat ini kami mempersiapkan beberapa titik lokasi untuk pengembangan dan pembibitan ternak sapi,” ungkap Ketua Umum Koperasi Produsen Ternak BSJ Kaltim, Suparlan S.PdI yang juga merupakan Direktur Utama PT Berkah Salama Jaya Kalimantan Timur kepada Mahakam Post, Rabu (25/8/2021).

 

Suparlan menegaskan, pengembangan dan pembibitan ternak sapi tersebut sangat diperlukan, guna mensuport program penggemukan sapi yang selama ini sudah berjalan disejumlah kabupaten/kota di Kaltim dibawah binaan (kemitraan) Koperasi Produsen Ternak BSJ Kaltim dengan kelompok peternak.
“Rencana pengembangan dan pembibitan ternak sapi akan segera dilakukan di masing-masing wilayah kabupaten/kota se-Kaltim. Karena kebutuhan akan daging sapi, utama ketika Kaltim telah menjadi IKN,” urainya.

Dia mengungkapkan, Koperasi BSJ Kalimantan Timur yang berkantor pusat di Jalan Widyagama, Desa Tani Bhakti, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara yang bergerak dibidang penggemukan sapi potong, telah memiliki puluhan unit di kabupaten/kota se-Kaltim.
“Sampai saat ini sudah ada 46 kelompok ternak sapi yang menjadi mitra Koperasi Produsen Ternak BSJ Kaltim. Untuk pengembangan terbesar di Kabupaten Kutai Barat,” papar Suparlan.

Koperasi Produsen Ternak BSJ Kaltim, menyambungkan permodalan dengan para kelompok peternak se-Kaltim. Suparlan mengungkapkan, koperasi itu telah melakukan program kemitraan dengan sejumlah perusahaan dan lembaga perbankan.
“Diantaranya program kemitraan dengan PT Pertamina, dan sejumlah lembaga perbankan,” katanya.

Suparlan mengungkapkan, Koperasi Ternak Berkah Salama Jaya Kalimantan Timur bertekad membantu kesejahteraan peternak sapi di unit kabupaten/kota se-Kaltim. Yakni dengan cara kemitraan dengan peternak.
“Koperasi BSJ Kaltim memberikan dukungan teknis untuk pengembangan dan pembibitan bahkan penggemukan ternak sapi. Yaitu dengan cara pendampingan pelatihan dan pengelolaan, dan tata cara pemberian pakan serta lainnya,” urainya.

Untuk diketahui, Koperasi BSJ Kaltim dan PT Berkah Salama Jaya selama ini telah melakukan kerjasama dengan Dinas Pertenakan Kaltim. Yakni dalam rangka mendukung perekonomian masyarakat, dengan efektifitas penggemukan sapi.
“Peluang bagi petani/peternak se-Kaltim. Karena setiap tahun Provinsi Kaltim memerlukan sekitar 60 ribu ekor sapi potong,” tukasnya.

Suparlan optimis, Koperasi Berkah Salama Jaya akan mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Utama meningkatkan ekonomi masyarakat. “Sehingga kedepan Kaltim tidak mendatangkan daging sapi dari luar negeri. Untuk itu peternakan sapi lokal harus dikuatkan,” tandasnya.(imn/red)

(Berita ini telah tayang di www.mahakampost.online /Mahakam Pos Grup)

berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *