Senin, 18 Oktober 2021

Wamenkeu: Dua Provinsi akan Terbitkan Obligasi Daerah

3 March 2021

 JAKARTA — Pemerintah menyebut dua provinsi akan menerbitkan obligasi daerah atau municipal band dalam waktu dekat. Obligasi daerah merupakan salah satu cara pemerintah untuk mendapatkan pendanaan.

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan penerbitan obligasi daerah dilakukan seiring pemulihan ekonomi yang terjadi usai terpukul oleh pandemi Covid-19. Obligas daerah diharapkan dapat membantu pemerintah provinsi menjalankan proses pembangunan dengan lebih baik.

“Bila melihat pengalaman sebelum pandemi, kami sangat berhati-hati. Itu (obligasi daerah) merupakan sumber pendanaan, tapi seiring dengan pemulihan ekonomi Indonesia, akan ada satu atau dua provinsi yang bakal menggunakan obligasi tersebut untuk membangun dengan lebih baik,” ujarnya saat acara Webinar MNC Group Investor Forum 2021 secara virtual, Selasa (2/3).

Namun, Suahasil enggan menjelaskan daerah mana yang akan menerbitkan obligasi. Menurutnya rencana penerbitan obligasi daerah akan dilakukan beberapa waktu lalu, namun hal ini belum direalisasikan karena sejumlah faktor.

“Daerah yang cukup aktif untuk bisa menerbitkan obligasinya adalah pemerintah daerah yang mampu mengelola wilayahnya dengan baik, sehingga sudah cukup kaya dan memiliki sistem pengelolaan anggaran yang baik,” jelasnya.

Suahasil juga menjelaskan ide terkait obligasi daerah sebenarnya sudah berkembang di dalam negeri dalam lima hingga 10 tahun ke belakang. Meski demikian menurut Suahasil pemerintah daerah menurutnya memiliki sumber pendanaan yang cukup bahkan akhir tahun, dana transfer pemerintah pusat yang masih tersimpan perbankan sebesar Rp 95 triliun.

 

 

SUMBER: https://www.republika.co.id/berita/qpd5ri383/wamenkeu-dua-provinsi-akan-terbitkan-obligasi-daerah

berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *