Senin, 18 Oktober 2021

Operasi Patuh Mahakam di Kubar dan Mahulu, Menyasar Pengendara di Jalan Raya

20 September 2021
Keterangan Foto : Kasat Lantas Polres Kubar, AKP Toni Joko Purnomo SH (tengah). (Foto : Dok.Mahakam Pos)

 

Kubar, mahakampos.com – Kepala Polres Kabupaten Kutai Barat (Kubar), AKBP Irwan Yuli Prasetyo, S.I.K, mengatakan bahwa dalam rangka Operasi Patuh Mahakam tahun 2021 di Kabupaten Kubar dan Mahakam Ulu (Mahulu) yang berlangsung selama 14 hari, akan menyasar pengendara dijalan raya agar patuh dalam berlalulintas.
“Di mulai sejak 20 September hingga 3 Oktober 2021. Target operasi yaitu, memberikan edukasi (bimbingan pengetahuan) kepada masyarakat supaya tertib berlalulintas,” terang Kapolres, didampingi Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Polres Kubar, AKP Toni Joko Purnomo, S.H, dalam keterangan pers usai Apel Gelar Pasukan di Mapolres, Sendawar, Senin (20/9/2021).

Dia menjelaskan, edukasi yang dimaksud akan dilakukan tim gabungan dengan cara preventif (mencegah) dan preemtiv (pembinaan). Yakni melalui pemasangan spanduk dan juga pemasangan stiker. Sebagai pemahaman bagi masyarakat dalam berlalulintas dijalan raya menggunakan kendaraan bermotor.
“Tapi yang pertama memberikan bantuan sosial sehubungan dengan pandemi Covid-19. Memberikan support kepada masyarakat, terutama para pedagang, serta keluarga yang terpapar Covid-19,” ujarnya.

Keterangan Foto : Kapolres Kubar, AKBP Irwan Yuli Prasetyo, S.I.K didampingi Kasat Lantas AKP Toni Jokko Purnomo SH dan sejumlah Kasat, memeriksa kendaraan dalam persiapan Operasi Patuh Mahakam 2021. (Foto :Dok. Mahakam Pos)

Sementara itu ditambahkan Kasat Lantas AKP Toni Joko Purnomo, bahwa selain edukasi yang paling utama, dalam Operasi Patuh Mahakam 2021, kegiatan terbanyak difokuskan dengan melakukan patroli didaerah ‘Rawan Langgar’.
“Daerah rawan pelanggaran lalulintas akan lebih banyak diedukasi. Pertama tentang program Protokol Kesehatan. Mengingatkan kepada pengemudi ataupun pengendara sepeda motor supaya memakai masker.,” urainya.
“Juga mengingatkan agar warga mengurangi mobilitas atau jangan terlalu banyak bepergian,” tukas AKP Toni Joko Purnomo.

Kasat membeberkan, dalam Operasi Patuh Mahakam tetap akan dilakukan penindakan kepada para pelanggar lalulintas. Yakni jika pada saat personel gabungan melaksanakan patroli, ditemukan pelanggar (pengendara) yang mengundang kerawanan kecelakaan.
“Pengendara wajib mematuhi aturan berlalulintas yang ada. Operasi Patuh Mahakam oleh Tim Gabungan Polres Kubar berlaku di Kubar dan Mahulu. Karena merupakan operasi serentak seluruh Indonesia,” ucap Toni.

Dia menambahkan, bahwa jumlah personel gabungan dari bermacam fungsi yang dilibatkan dalam Operasi Patuh Mahakam 2021 oleh Polres Kubar sebanyak 34 orang. Operasi Patuh Mahakam merupakan Operasi Kepolisian. Menggandeng sejumlah instansi. 

“Terbentuk posko operasi, dan juga ada sejumlah posko pemantauan di jalan raya di Kubar dan Mahulu.

“Dihimbau kepada pengguna jalan di Kubar dan Mahulu, agar mengurangi bepergian tanpa ada tujuan. Jangan berkerumun pada saat kegiatan-kegiatan, patuhi prokes, dan mengikuti rambu-rambu lalulintas yang ada. Sehingga tidak terjadi kejadian laka. Karena pelanggaran lalulintas adalah awal terjadi kecelakaan,” tandasnya.(imn/red)

berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *