Senin, 18 Oktober 2021

Pemusnahan BB Kejahatan di Kejari Kubar

7 September 2021
  • Hadir Bupati dan unsur Forkopimda
Bupati Kubar FX Yapan SH bersama Forkopimda memusnahkan BB yang sudah berkekuatan hukum tetap, berlangsung di Kantor Kejari, Sendawar, Senin 6 september 2020. (Foto : HMS36)

Kubar, Mahakampos.com – Secara terbuka di hadapan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kutai Barat (Kubar) dan wartawan, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kubar memusnahkan Barang Bukti (BB) dari 71 perkara tindak pidana dan juga zat psikotropika, Senin (6 /9/2021)

BB yang dimusnahkan itu dari perkara yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap. “Sebagai bentuk tanggung jawab tindak lanjut penuntasan perkara,” kata Kepala Kejari Kubar, Bayu Pramesti SH MH dalam sambutannya pada acara itu di Halaman Belakang Kantor Kejari di Sendawar.

Menurutnya, Kejari Kubar yang membawahi wilayah hukum Kubar dan Mahakam Ulu (Mahulu), berkomitmen kuat untuk menyelesaikan semua kasus yang masuk dan ditangani saat ini.
“Saya berharap semoga penegakan hukum dan penuntasan perkara semakin baik di Kabupaten Kutai Barat dan Mahulu,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kubar, FX Yapan SH yang hadir dalam pemusnahan BB tersebut, mengapresiasi Kejari Kubar dalam penegakan hukum dan tindak pidana yang terungkap.
“Pemusnahan BB dalam perkara yang sudah berkekuatan hukum tetap, merupakan tindakan nyata sebagai komitmen memberikan sanksi dan menjunjung hukum yang berlaku,” bebernya dalam sambutan.

Bupati juga menghimbau masyarakat untuk mendukung Aparat Penegak Hukum (APH) memberantas bahaya yang ditimbulkan yang berdampak bagi kesehatan masyarakat. Diantaranya seperti bahaya narkoba dan kasus kriminalitas lainnya.
“Mari Kejari bersama APH lainnya untuk tetap bersinergi dan konsisten dalam memerangi hal tersebut,” ucapnya.
Bupati FX Yapan mengatakan, harapan bersama agar pembangunan di Kutai Barat dapat berjalan selaras dan seimbang dengan keadaan kondusif, bersatupadu dan sejahtera. Ia juga menambahkan, bahwa rencana pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (LP) di Sendawar, masih dalam proses.
“Untuk rencana itu, Pemkab Kubar sudah menyiapkan lahan kurang lebih 5 hektar untuk bangunan tersebut,” urainya.

Untuk diketahui, Barang Bukti yang dimusnahkan tersebut dari beberapa perkara yang sudah inkrah (mempunyai kekuatan hukum tetap). Yaitu 71 perkara perkara, 2 perkara perkara, 2 perkara senjata tajam (sajam), 1 perkara pencurian, 1 perkara pemerasan dan pengancaman, 10 perkara pelanggaran undang-undang Kesehatan, dan 1 perkara Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU-ITE) ).

Hadir pula dalam kesempatan itu Wakapolres Kubar Kompol I Nyoman Wijana, Perwakilan Kodim 0912/KBR, Direktur RSUD HIS, serta hadirin undangan.(HMS36/red MP)

berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *