Harindo 1
RAMADHAN 2024
Iklan Skurity

Tetangga RI Bangun Kereta Cepat se-Kalimantan, Tembus IKN Nusantara

3 April 2024
Foto: Kereta Cepat (REUTERS/Tyrone Siu)

JAKARTA - Jaringan kereta berkecepatan tinggi pertama di Kalimantan kini diusulkan. Proyek ini dirancang untuk memperpendek jarak perjalanan antara Kalimantan RI, Sarawak dan Sabah Malaysia, serta Brunei Darussalam.

Brunergy Utama Sdn Bhd yang berbasis di Brunei mengumumkan bahwa proyek Kereta Api (KA) Trans Borneo akan dilaksanakan dalam dua tahap yang melibatkan rute sepanjang 1.620 kilometer. Disebutkan jarak rata-rata antar stasiun masing-masing adalah 150 km dan kecepatan kereta antara 300 hingga 350 kilometer per jam, dengan perkiraan waktu tempuh rata-rata antar stasiun hanya 30 menit.

"Tahap pertama akan menghubungkan kota-kota dari pesisir Barat hingga Pantai Timur, dimulai di Pontianak, Kalimantan Barat, dan berakhir di Kota Kinabalu, Sabah, yang merupakan kawasan fokus ekonomi," demikian keterangan dalam situs webnya, seperti dikutip MalayMail pada Senin (1/4/2024).

"Rutenya akan mencakup kota-kota seperti Kota Kinabalu, Kimanis/Papar, Beaufort, Sipitang, Lawas, Bangar, Limbang, Bukit Panggal, Miri, Bintulu, Sibu, Sri Aman, Kuching, Sambas Singkawang, Mempawah dan Pontianak," tambahnya.

Halaman
berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengunjung

093475
Users Today : 7
Users Yesterday : 43
Total Users : 93475
Views Today : 26
Total views : 235309
Who's Online : 0