Harindo 1
RAMADHAN 2024
Iklan Skurity

Menteri LHK Paparkan Turbulensi Dan Paradigmatik Pembangunan Kehutanan Indonesia

9 November 2023
Menteri LHK Siti Nurbaya berpidato di Dies Natalis ke-60 Fakultas Kehutanan UGM (foto: ist)

YOGYAKARTA – Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya memberikan pidato sambutan pada acara Dies Natalis ke-60, Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, di Yogyakarta, Jumat, (20/10/2023).

Menteri Siti menyampaikan pidato dengan judul “Turbulensi dan Paradigmatik Pembangunan Kehutanan Indonesia”.
Turbulensi kehutanan Indonesia disebut Siti telah berlangsung lama. Dari identifikasi yang dilakukannya di tahun 2018 ditengarai ada beberapa permasalahan kunci (key problems) penyebabnya, seperti terkait dengan kebakaran hutan dan lahan, serta asap lintas batas negara, deforestasi, konflik tenurial, illegal logging, pengelolaan lahan gambut, perizinan, kebijakan akses kelola hutan, masih belum finalnya mengatur dan mengelola persoalan masyarakat dan wilayah adat, serta ada persoalan dalam optimasi pemanfaatan hutan.

“Atas permasalahan kunci tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah melakukan berbagai pendekatan, dimulai dengan melaksanakan intervensi melalui regulasi, pengendalian dan pengawasan, penegakan hukum, peningkatan kapasitas, hingga pengembangan sistem inventarisasi dan pemantauan,” ujarnya.

Siti lebih lanjut menjelaskan bahwa pendekatan-pendekatan penyelesaian permasalahan tersebut disusun dan diimplementasikan KLHK dengan berpedoman pada berbagai instrumen kebijakan, baik dalam bentuk instrumen regulasi pemerintah, maupun instrumen yang berlaku dalam skala global seperti antara lain Sustainable Development Goals (SDGs), UN-CBD, Convention on Biodiversity, Protokol Nagoya, Paris Agreement, dan lain-lain.

Halaman
berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengunjung

093396
Users Today : 6
Users Yesterday : 40
Total Users : 93396
Views Today : 16
Total views : 235051
Who's Online : 2