Harindo 1
RAMADHAN 2024
Iklan Skurity

Pria Bondowoso Jual Ginjal untuk Nyaleg, Ini Wanti-wanti IDI soal Donor Organ

16 January 2024
Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Adib Khumaidi (Foto: Rengga Sancaya)

JAKARTA – Seorang calon anggota legislatif (caleg) di Bondowoso, Jawa Timur, Erfin Dewi Sudanto, mengaku rela menjual ginjalnya demi mendapatkan biaya 'nyaleg'. Ia kini melelang ginjalnya dengan sistem door to door, yakni dengan mendatangi warga dan mencari siapa yang bersedia membeli ginjalnya.

"Langkah ini terpaksa saya lakukan. Sebab, saya melihat kondisi demokrasi di Indonesia saat ini memprihatinkan," ungkap pria yang merupakan caleg asal PAN tersebut dikutip dari detikJatim, Selasa (16/1/2024).

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Adib Khumaidi menegaskan, langkah menjual ginjal demi mendapatkan dana nyaleg tersebut sama sekali tak direkomendasikan oleh dokter. Pasalnya, orang yang kehilangan satu ginjal atau kehilangan satu ginjal berisiko mengalami gangguan kesehatan.

Transplantasi ginjal yang dilakukan secara benar pun tak bisa berlangsung sembarangan, melainkan memerlukan prosedur tertentu. Di antaranya, dengan adanya persetujuan antara donor dan penerima transplantasi ginjal, serta proses pencocokan ginjal dari donor ke penerima ginjal.

Halaman
berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengunjung

093475
Users Today : 7
Users Yesterday : 43
Total Users : 93475
Views Today : 24
Total views : 235307
Who's Online : 0