Harindo 1
RAMADHAN 2024
Iklan Skurity

Suhartoyo Jadi Ketua MK, Nama Saldi Isra Sempat Jadi Kandidat

9 November 2023
Foto: Ari Saputra

JAKARTA – Suhartoyo terpilih menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang baru menggantikan Anwar Usman. Sejatinya sempat muncul 1 nama lain yaitu Saldi Isra tapi kemudian disepakati bila yang menggantikan Anwar Usman adalah Suhartoyo.

Hal itu disampaikan hakim konstitusi Saldi Isra dalam konferensi pers usai Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH). Saldi Isra sendiri diberikan amanah oleh Majelis Kehormatan MK (MKMK) untuk memimpin RPH pemilihan Pimpinan MK yang baru.

"Tadi kami sudah melakukan Rapat Permusyawaratan Hakim secara tertutup dengan agenda melakukan pemilihan pimpinan sesuai dengan putusan MKMK yang diucapkan beberapa hari yang lalu. MKMK mengamanatkan kepada Wakil Ketua untuk memimpin proses transisi pemilihan Pimpinan Mahkamah Konstitusi yang baru dan tadi pagi dihadiri oleh 9 hakim konstitusi mulai dari pukul 09.00 kami sudah bermusyawarah dan mengeluarkan pandangan masing-masing secara bergilir dan setelah itu kita sampai pada titik masing-masing hakim konstitusi menyebut nama siapa yang diinginkan untuk menjadi ketua, karena posisi yang kosong adalah posisi ketua maka siapa yang diinginkan menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi," ucap Saldi Isra di MK, Kamis (9/11/2023).

"Setelah semua secara bergilir 9 orang termasuk saya yang memimpin sidang dan akhirnya pertemuan tadi memunculkan 2 nama, memunculkan 2 nama. Satu, karena yang lain menyatakan tidak bersedia menjadi ketua sehingga memunculkan 2 nama, nama yang muncul itu adalah satu, secara berurutan ya, Saldi Isra karena S-nya itu setelah itu a, saya sendiri, yang kedua itu S lagi Bapak Dr Suhartoyo. Nah itu 2 nama yang muncul," imbuhnya.

Halaman
berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengunjung

095828
Users Today : 29
Users Yesterday : 40
Total Users : 95828
Views Today : 66
Total views : 241534
Who's Online : 0