PicMa_157058_1696182094842

Wapres Soroti Kecelakaan Dua Pesawat TNI AU di Pasuruan

17 November 2023
Wapres KH Ma'ruf Amin saat memberikan sambutan Anugerah LPPOM MUI. (Setwapres)

JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres), K.H. Ma’ruf Amin menyoroti terjadinya dua pesawat TNI Angkatan Udara (AU) yang jatuh saat melakukan latihan formasi Wapres menegaskan bahwa ke depan, TNI AU harus melakukan pemeriksaan secara teliti dari semua faktor, mulai dari sarana dan prasarana latihan, hingga keadaan cuaca, sebelum latihan dilakukan.
"Harus selalu memeriksa. Kalau ada latihan harus sudah siap. Jangan sampai kemudian pesawatnya tidak baik atau cuacanya tidak baik,” tegas Wapres dalam keterangan pers usai menghadiri Rapat Paripurna Dewan Pimpinan Majelis Ulama (MUI) Tahun 2023, di Ballroom Hotel Aryaduta, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/11/2023).

Itu diutarakan Wapres. terkait dua pesawat EMB-314 Super Tucano milik Skuadron Udara 21 Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) jatuh saat melakukan latihan formasi di kawasan lereng Gunung Bromo, tepatnya di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pada Kamis siang (16/11/2023).
Menurut keterangan yang diberikan oleh Kepala Dinas Penerangan TNI AU Agung Sasongko Jati, kecelakaan terjadi diduga akibat cuaca buruk yang terjadi saat latihan dilakukan.

Mengingat peristiwa kecelakaan dalam latihan ini bukan pertama kali terjadi, Wapres pun menekankan, pemantauan kesiapan faktor penunjang sebelum latihan, sebaiknya tidak hanya dilakukan oleh internal jajaran personil TNI AU, tetapi juga bekerja sama dengan otoritas terkait lainnya.

"Juga pemantauan cuaca. Seringkali (kecelakaan terjadi) karena cuaca tidak baik. Jadi kerja sama dengan BMKG dan pihak lain-lain (penting dilakukan)," imbuh Wapres.
Dari sisi sarana dan prasarana, tambahnya, perawatan rutin dan peremajaan pun harus terus dilakukan untuk memastikan kesiapan kualitas dari alat yang akan digunakan.

Halaman
berita terkait
Komentar
mahakam

Pengunjung

075346
Users Today : 3
Users Yesterday : 55
Total Users : 75346
Views Today : 3
Total views : 184949
Who's Online : 0