Harindo 1
RAMADHAN 2024
Iklan Skurity

Sekelumit Tahapan Hukum Acara PTUN

13 April 2024
Rudi Ranaq.(Foto: Dok. pribadi).

Catatan: : M.M.Rudi Ranaq, SH MSi CMe *)


Dalam dunia investasi, konflik kepentingan di sektor perijinan semakin terbuka. Banyak kasus hukum muncul karena Keputusan Pejabat Negara (Kepala Daerah) yang dinilai merugikan pihak dan atau berbagai pihak yg berujung pada bergulirnya sengketa hukum di Pengadilan TUN.

Dalam rangka mengawal tata peradilan, guna tercapainya peradilan yang semakin adil dan transparan, berikut kami paparkan beberapa informasi penting di sekitar tahapan peradilan tata usaha negara. Peradilan ini berada di ibu kota provinsi, bukan di kabupaten/kota seperti halnya pengadilan negeri. Semoga bermanfaat para pekerja investasi dan peminat masalah hukum.

Pertama, Pembacaan GUGATAN (Pasal 74 Ayat 1 Undang – Undang Nomor 5 Tahun 1986). Pemeriksaan sengketa dimulai dengan membacakan isi gugatan dan surat yang memuat jawabannya oleh Hakim Ketua Sidang, dan jika tidak ada surat jawaban, pihak Tergugat diberi kesempatan untuk mengajukan jawabannya.

Kedua, Pembacaan JAWABAN (Pasal 74 Ayat 1 Undang – Undang Nomor 5 Tahun 1986). Pemeriksaan sengketa dimulai dengan membacakan isi Gugatan dan Surat yang memuat jawabannya oleh Hakim Ketua Sidang, dan jika tidak ada surat jawaban, pihak Tergugat diberi kesempatan untuk mengajukan jawabannya.

Halaman
berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengunjung

093476
Users Today : 8
Users Yesterday : 43
Total Users : 93476
Views Today : 28
Total views : 235311
Who's Online : 0