Senin, 18 Oktober 2021

SDN 001 Busur dan SMPN I Barong Tongkok, Percontohan PTM Terbatas

14 September 2021
Keterangan Foto : Sejumlah murid SDN 001 Busur, Kelurahan Barong Tongkok, Kecamatan Barong Tongkok, Sendawar, Kutai Barat, riang gembira menyambut PTM Terbatas, perdana dimulai sejak Selasa 14 September 2021. (Foto : Henry Situmorang/Dok. Mahakam Pos)

 

 

Kubar, mahakampos.com – Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 001 Busur, Kelurahan Barong Tongkok, Kecamatan Barong Tongkok, Sendawar, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Victorius Gereng, menyambut hangat dimulainya pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas untuk sekolah di Kabupaten Kubar sejak Selasa (14/9/2021).

Kami dari pihak sekolah (SDN 001 Busur) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pak Bupati FX Yapan SH melalui Pak Sekda, Ayonius yang telah hadir dalam pelaksanaan PTM yang pertama kali di sekolah ini, pasca setahun lebih tidak ada PTM,” ungkapnya kepada wartawan di Sendawar, usai peninjauan langsung seklah itu oleh Sekda Kubar, Ayonius dan Kadisdik Kubar Silvanus Ngampun didampingi Kabid PPD Disdikbud Kubar, Yakobus Yamon, Selasa (14/9/2021).

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kubar. Karena telah membimbing SDN 001 Busur ke arah pelaksanaan PTM.
“Sehingga SDN 001 Busur bisa melaksanakan PTM Terbatas sejak 14 September 2021, dan berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Victorius Gereng menambahkan, dengan adanya kerjasama dari Disdikbud Kubar dengan sekolah dan juga puskesmas, diharapkan PTM Terbatas akan berjalan lancar. Terkait pandemi Covid-19 kata dia, pihak sekolah telah mengantisipasi memenuhi kewajiban Protokol Kesehatan (Prokes).
“Kerjasama SDN 001 Busur dengan puskesmas sudah terjalin. Manakala di sekolah ini terjadi keluhan dari anak-anak, puskesmas siap turun membantu,” ungkapnya.
“Seluruh ruangan kelas (24 kelas) dilengkapi sarana prasarana prokes. Utama westafel (tempat mencuci tangan), sabun, tisu, dan lainnya,” tukasnaya.

Victorius Gereng menuturkan, meski sudah dimulai PTM Terbatas sejak 14 September 2021, dari laporan, sejumlah 35 orang tua murid SDN 001 Busur yang tidak setuju dilakukan PTM.
“Itu dari total 645 orang tua murid. Cukup banyak yang setuju pelaksanaan PTM ini. Terhadap anak-anak yang tidak mengikuti PTM di sekolah, kami beri kebijakan. Yaitu mereka tetap bisa belajar secara daring (online) dari rumah,” ungkapnya.

Victorius Gereng menambahkan, bahwa di SDN 001 Busur terdapat 38 guru pengajar. Meski PTM Terbatas, dia mengatakan akan tetap menjaga kualitas dan proses belajar-mengajar agar tidak kalah dengan mutu belajar-mengajar saat normal, sebelum pandemi tahun lalu.

Senada, Pelaksana tugas (Plt) Kepala SMPN I Barong Tongkok, Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok, Sendawar, Kadin,S.Pd menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Pemkab dan Disdikbud Kubar. Karena telah berusaha maksimal. Sehingga PTM Terbatas bisa dilaksanakan di Kubar.
“Syukur, puji Tuhan, hari ini Kubar bisa melaksanakan PTM Terbatas secara perdana. Siswa-siswi dan para guru antusias. Karena selama 1,5 tahun hanya belajar-mengajar di rumah,” urainya.

Dia berharap agar PTM Terbatas bisa berjalan lancar hingga masa normal datang.

Kadin mengatakan, dari total 750 orang tua siswa, prosentasenya sedikit sekali yang tidak setuju. Lebih banyak yang setuju. Sedangkan pembagian waktu belajar-mengajar, SMPN I Barong Tongkok menggunakan sistem rotasi atau bergilir.
“Dalam sehari ada kelas yang PTM di sekolah. Namun dihari yang sama ada juga kelas yang diberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara online,” Tandasnya.(imn/red)

berita terkait
Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *